Nurtisi Kita

Belum Banyak Diketahui, Ini Kegunaan Daging Angsa Serta Kandungan Gizinya

Ayam dan bebek adalah dua jenis hewan yang dagingnya paling sering diolah ke dalam berbagai masakan di Indonesia. Akan tetapi, apakah Kamu sudah pernah mencoba makan daging angsa? Ya, hewan berbulu putih ini sekilas mirip seperti bebek, hanya saja bentuk tubuhnya lebih besar dan lehernya lebih panjang. Jangan salah, jenis daging ini ternyata juga bergizi dan punya banyak kegunaan {untuk} {{tubuh}}!

Kandungan gizi daging angsa

manfaat daging bebek  Belum Banyak Diketahui, Ini Kegunaan Daging Angsa Serta Kandungan Gizinya Kandungan Gizi Daging Bebek Tak Kalah Menyehatkan dengan Daging Ayam 700x467

Sama halnya dengan daging ayam dan daging bebek, daging angsa juga merupakan sumber protein yang baik {untuk} {{tubuh}}. Menurut Data Komposisi Pangan Indonesia milik Kementerian Kesehatan RI, setiap 100 gram daging angsa mengandung 349 kalori, 16,4 gram protein, dan 31,5 gram lemak.

Jumlah tersebut ternyata tidak jauh berbeda dengan daging bebek. Pada takaran yang serupa, daging bebek mengandung 321 kalori, 16 gram protein, dan 28,6 gram lemak.

Terlihat sesungguhnya kandungan protein dalam daging hewan angsa sedikit lebih banyak dibandingkan pada bebek. Protein inilah yang bermanfaat {untuk} menggantikan jaringan {{tubuh}} yang rusak sekaligus meningkatkan kekebalan {{tubuh}}.

Jika ditelisik lebih dalam lagi, daging hewan berselaput ini juga mengandung berbagai vitamin dan mineral yang baik {untuk} {{tubuh}}. Di antaranya:

  • 15 mg kalsium
  • 188 fosfor
  • 1,8 mg zat besi
  • 71 mg natrium
  • 273 mcg vitamin A
  • 0,1 mg vitamin B1
  • 0,24 mg vitamin B2
  • 7,1 mg vitamin B3

Kegunaan daging angsa {untuk} kesehatan

makan daging risiko diabetes  Belum Banyak Diketahui, Ini Kegunaan Daging Angsa Serta Kandungan Gizinya shutterstock 483748678 700x467

Nah, sekarang Kamu tak perlu ragu lagi {untuk} makan daging dari hewan angsa ini.  Akan tetapi yang jadi pertanyaan selanjutnya, apakah ini aman {untuk} dimakan?

Tentu saja, daging angsa aman {untuk} dikonsumsi. Bahkan, Dr. Agnieszka Orkusz dan para ahli dari University of Economics di Wroclaw, Polandia, menyebutkan sesungguhnya angsa mengandung asam lemak yang jauh lebih baik dan sehat dibandingkan jenis unggas lainnya.

Menurut Dr. Agnieszka Orkusz, daging hewan angsa mengandung 70 persen asam lemak dan 23 persen protein lebih banyak daripada jenis daging lainnya. Sebuah jenis asam lemak yang paling banyak adalah asam oleat.

Jumlah asam oleat ini bahkan dinilai setara dengan asam oleat dalam minyak zaitun. Akibat itulah, struktur daging angsa dinilai hampir sama seperti minyak zaitun.

Minyak zaitun sendiri terbukti bermanfaat {untuk} menjaga kesehatan jantung. Akibat struktur daging angsa mirip dengan minyak zaitun, maka para ahli meyakini sesungguhnya makan daging angsa dapat mencegah penyakit jantung.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close