Nurtisi Kita

Bagaimana Asam Amino Triptofan Memperbaiki Mood dan Tidur Kamu?

Apa saja yang Kamu butuhkan supaya bersemangat saat bangun pagi? Kamu tentu {{butuh}} tidur cukup dan mood yang baik. Selain mempraktikkan kebiasaan tidur yang baik dengan sleep hygiene dan cara mengusir stres yang efektif, Kamu juga dapat terus semangat bangun pagi setiap hari dengan rutin makan makanan yang berisikan asam amino triptofan. Bagaimana nutrisi ini memengaruhi suasana hati dan kualitas tidur Kamu?

Apa itu asam amino triptofan?

Triptofan adalah jenis asam amino yang banyak didapati pada makanan berprotein. Di dalam {{tubuh}}, asam amino triptofan dipakai {untuk} bagian penting pembentuk protein dan diperlukan dalam proses metabolisme.

Selain triptofan, asam amino ini dikenal juga dengan L-tryptophan, L-tryptophane, L-triptofano, L-2-amino-3- (indole-3-yl) asam propionat atau L-trypt.2

Triptofan lalu diubah menjadi molekul yang disebut 5-HTP (5-hydroxytryptophan) {untuk} digunakan membuat hormon serotonin dan melatonin dalam otak. Dua hormon ini berhubungan erat dengan suasana hati dan kualitas tidur.

Bagaimana bisa perbaiki suasana hati dan tidur?

Setelah triptofan dipecah menjadi 5-HTP (5-hydroxytryptophan), serotonin akan dibentuk. Serotonin adalah hormon yang bisa memberikan Kamu perasaan nyaman, senang, dan mengurangi stres.

Pengaruh triptofan pada suasana hati juga berhubungan dengan beberapa kondisi medis, seperti depresi dan gangguan kecemasan. Kajia penelitian yang menunjukkan sesungguhnya orang yang mengalami depresi mempunyai kadar triptofan yang lebih rendah dibandingkan orang normal. Mereka juga jadi mudah cemas, gelisah, cepat marah, agresif, dan impulsif.

Kajia penelitian lainnya menunjukkan sesungguhnya suplemen triptofan dan 5-HTP dapat bekerja sebaik obat antidepresan yang diresepkan dokter, seperti fluvoxamine (Luvox).

Setelah serotonin dibentuk, serotonin akan diubah menjadi molekul penting lainnya, yaitu melatonin. Melatonin adalah hormon yang mengatur siklus alami {{tubuh}} {untuk} bangun dan tidur. Hormon ini membuat Kamu tidur lebih nyenyak dan bangun lebih fresh. Siklus bangun dan tidur yang sehat ini bisa meningkatkan sistem kekebalan {{tubuh}} dan metabolisme {{tubuh}}.

Sebuah studi menunjukkan sesungguhnya orang yang makan sereal mengandung triptofan saat sarapan dan makan malam, lebih cepat tidur dan tidur lebih nyenyak dibandingkan pada saat makan sereal biasa. Selain itu memengaruhi produksi hormon di ottak, triptofan juga meningkatkan fungsi otak Kamu jadi lebih baik.

Dari mana Kamu bisa mendapatkan asam amino triptofan?

Asam amino yang bermanfaat ini bisa Kamu temukan dengan mudah pada berbagai makan berprotein. Makanan yang berisikan triptofan adalah telur, ikan salmon, produk susu, kacang kenari, kentang, gandum, pisang, dan daging merah.

Selain makanan, ada suplemen khusus yang dirancang khusus mengandung triptofan. Akan tetapi, penggunaan suplemen ini tentu tidak boleh sembarang. Pasalnya, terlalu banyak kadar triptofan dalam {{tubuh}} dapat menimbulkan mual, pusing, keringat berlebihan, badan gemetaran, linglung (delirium), dan rasa geliah.

Biasanya, efek samping ini akan muncul jika suplemen triptofan digunakan bersamaan dengan obat antidepresan. Oleh karena itu, lakukan konsultasi pada dokter sebelum Kamu menggunakan suplemen ini.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close