Kebugaran Jasmani

Badan Masih Sakit Setelah Olahraga, Bolehkah Lanjut Latihan Lagi?

Olahraga memang terkadang membuat badan berasa nyeri setelahnya. Biasanya hal ini terjadi saat Kamu kurang pemanasan, baru olahraga setelah sekian lama tak pernah melakukannya, atau akibat olahraga yang terlalu berat. Banyak yang bertanya-tanya, kira-kira apakah boleh lanjut latihan jika badan masih sakit setelah olahraga sebelumnya? Berikut ulasannya.

Saat badan masih sakit setelah olahraga, apa boleh lanjut lagi?

menyembuhkan cedera olahraga Badan Masih Sakit Setelah Olahraga, Bolehkah Lanjut Latihan Lagi? Badan Masih Sakit Setelah Olahraga, Bolehkah Lanjut Latihan Lagi? menyembuhkan cedera olahraga 700x467

Siapa yang pernah merasa otot nyeri seperti tertarik setelah olahraga? Biasanya kondisi ini dialami akibat terdapat delayed onset muscle soreness (DOMS). DOMS mungkin terjadi setelah olahraga, sekitar hari pertama atau kedua pascalatihan.

Penyebabnya yaitu robekan otot mikroskopis, kerusakan pada jaringan otot yang telah terjadi selama latihan, atau terdapat penumpukan produk buangan seperti asam laktat dan kalsium. Mencoba olahraga baru atau meningkatkan intensitasnya menjadi pemicu DOMS yang paling sering.

Jika Kamu mengalami rasa sakit yang tak tertahankan, tentu saja sebaiknya jangan lanjut olahraga diawal. Biarkan {{tubuh}} memulihkan diri sepenuhnya. Pasalnya, jika Kamu memaksakan {untuk} berolahraga saat {{tubuh}} sedang berasa nyeri, ini akan memberikan tekanan berlebih pada ligamen dan tendon. Akibatnya, Kamu berisiko tinggi {untuk} mengalami cedera.

Selain itu, pada saat badan masih sakit setelah olahraga sebelumnya, Kamu biasanya akan mengalami gangguan koordinasi dan mempunyai rentang gerak yang lebih terbatas. Hal ini bisa membuat Kamu lagi-lagi berisiko tinggi {untuk} cedera jika dipaksakan {untuk} terus berolahraga.

Namun, Kamu juga harus bisa membedakan mana rasa sakit yang normal dan mana yg tidak. Jika rasa sakitnya hanya sekadar pegal saja atau nyeri otot ringan dan tidak mengganggu, Kamu bisa tetap berolahraga. Pasalnya, nyeri otot jenis ini biasanya terjadi hanya akibat {{tubuh}} sedang menyesuaikan diri di awal-awal latihan.

Menurut Carly Ryan, ahli fisiologi olahraga di Exercise and Sports Science, Australia, Kamu bisa melakukan berbagai olahraga ringan seperti berenang atau jalan santai saat mengalami DOMS. Olahraga ringan ini bertujuan {untuk} meringankan rasa sakit dan mempercepat proses pemulihan. Aliran darah ke otot akan membantu memperbaiki dan meningkatkan kelenturan serta mobilitas Kamu.

Jangan olahraga {{dulu}} jika:

olahraga saat cedera Badan Masih Sakit Setelah Olahraga, Bolehkah Lanjut Latihan Lagi? Badan Masih Sakit Setelah Olahraga, Bolehkah Lanjut Latihan Lagi? Olahraga Saat Cedera Bolehkah Dilakukan 700x467

Saat Kamu sedang rajin berolahraga intens, ada kemungkinan {{tubuh}} mengalami penurunan kondisi akibat terlalu lelah. Biasanya dibutuhkan waktu beberapa ahad sampai hitungan bulan {untuk} memulihkan kondisinya. Apalagi jika Kamu mengalami berbagai kondisi seperti:

  • Peningkatan detak jantung bahkan saat beristirahat
  • Sering pilek dan {{flu}}
  • Cedera yang cukup berat
  • Nyeri otot dan sendi
  • Kelelahan
  • Nafsu makan menurun

Jika Kamu mengalami hal ini, yang perlu dilakukan adalah membiarkan {{tubuh}} sepenuhnya beristirahat. Jangan {{dulu}} mulai {untuk} olahraga kembali sampai kondisi {{tubuh}} kembali sehat seperti semula. Jika perlu, konsultasikan ke dokter mengenai keluhan yang Kamu rasakan kali ini.

Intinya, apa pun olahraga yang Kamu lakukan sebaiknya pertimbangkan juga waktu pemulihannya. Biasanya {{tubuh}} perlu waktu sekitar 48 sampai 72 jam sebelum mulai olahraga lagi. Berapa lamanya sebenarnya tergantung jenis dan intensitas olahraga yang Kamu lakukan. Jangan terlalu memaksakan diri, apalagi jika {{tubuh}} mulai menunjukkan sinyal-sinyal rasa sakit atau keluhan yang tak wajar.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close