Kebugaran Jasmani

Apakah Plank dan Sit-Up Benar-Benar Bisa Basmi Lemak Perut?

Plank dan sit-up adalah dua jenis olahraga yang efektif membentuk otot. Namun, kenapa sudah rajin sit up tapi perut masih buncit juga? Wajar saja. Ini akibat plank dan sit-up nyatanya bukan termasuk jenis olahraga mengecilkan perut yang baik.

Plank dan sit-up mengencangkan otot, tidak membakar lemak

kesalahan membakar lemak perut  Apakah Plank dan Sit-Up Benar-Benar Bisa Basmi Lemak Perut? shutterstock 150920477 691x467

Plank dan sit-up masih sering diperkenalkan sebagai olahraga mengecilkan perut. Namun pada kenyataannya, efek pengurangan lemak perut dari kedua jenis olahraga ini tidaklah terlalu besar. Sebab plank dan sit-up sebetulnya termasuk olahraga yang khusus bertujuan untuk melatih dan meningkatkan massa otot sehingga menjadi lebih kuat.

Peningkatan massa otot perut inilah yang membuat orang-orang menganggap bahwa sit-up atau plank saja sudah cukup untuk menghilangkan lemak akibat perut buncit. Padahal yang sebenarnya terjadi adalah perut Anda sebatas terasa lebih kencang dari sebelumnya. Jaringan lemak masih tetap ada di balik perut Anda.

Penelitian dalam jurnal Research Quarterly for Exercise and Sport menunjukkan bahwa melakukan plank atau sit-up saja bahkan rutin dalam 5 hari seminggu selama 6 ahad berturut-turut tidak mengurangi lemak subkutan dan lemak viseral di balik perut.

Ini akibat saat kita melakukan sit-up atau plank, metabolisme lemak tidak hanya terjadi pada bagian perut saja melainkan di seluruh {tubuh}. Proses pembakaran lemak di sekitar perut saat kita melakukan sit-up atau plank pun hanyalah sebagian kecil saja dibanding proses metabolisme lemak {tubuh} secara keseluruhan.

Lalu, adakah olahraga mengecilkan perut yang efektif?

lingkar pinggang ideal  Apakah Plank dan Sit-Up Benar-Benar Bisa Basmi Lemak Perut? Ingin HidupEnak dari Risiko Obesitas Segera Cek Kesehatan Anda dengan Empat Jengkal Tangan 700x467

Ingat, hanya fokus melatih satu bagian {tubuh} spesifik tidak lantas akan menghilangkan lemak pada bagian tersebut. Berolahraga dengan hanya mengandalkan satu gerakan berulang seperti sit-up atau plank saja cenderung kurang efektif untuk membakar lemak dan menurunkan berat badan.

Nyatanya tidak ada satu jenis olahraga yang efektif membakar lemak perut. Umumnya, pengurangan berbagai jaringan lemak {tubuh} akan tergantung pada seberapa banyak kalori yang kita bakar selama berolahraga. Pembakaran kalori dari olahraga pun juga akan tergantung pada variasi, durasi, dan intesitas aktivitas fisiknya.

Di samping itu jika ingin benar-benar mengecilkan perut, Anda juga perlu menyeimbangi rutinitas olahraga Anda dengan gaya hidup sehat secara keseluruhan. Mulai dari menjaga pola makan bergizi seimbang, manajemen stres yang baik, rajin minum air putih, menghindari rokok, sampai mendapatkan waktu tidur cukup setiap malam. Absennya salah satu faktor penentu ini bukan tidak mungkin dapat menghambat kesuksesan Anda meraih perut yang rata dan kencang.

Kesimpulannya: dengan rajin plank dan sit-up Anda bisa saja mempunyai otot perut yang kencang, tapi belum tentu kecil dan rata apabila tidak terus didampingi dengan perubahan pola makan dan kebiasaan harian.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close