Kecantikan

Apa, Ya, Penyebab Garis Berwarna Merah Kebiruan di Wajah?

Wajah yang normal biasanya tampak rata tertutupi oleh warna kulit seluruhnya. Akan tetapi, sebagian orang mengalami telangiektasis yang membedakannya dengan orang pada umumnya, khususnya pada orang berkulit putih. Telangiekstasis adalah terlihatnya pembuluh darah kecil di permukaan kulit, dan membentuk pola yg tidak beraturan. Kenapa kondisi ini bisa terjadi, ya?

Telangiektasis adalah pembuluh darah yang tampak di wajah

Telangiektasis adalah suatu kondisi yang ditandai dengan melebarnya pembuluh darah kecil di permukaan kulit. Akibatnya, kulit wajah tampak mempunyai garis atau pola berwarna merah, ungu, atau kebiruan yang halus, dan tidak beraturan seperti benang atau cabang pohon.

Area wajah sekitar pipi, mata, dahi, dan hidung merupakan beberapa tempat di mana pelebaran pembuluh darah paling sering terlihat.

Apa sebab munculnya pembuluh darah di wajah?

Penyebab munculnya pembuluh darah yang tampak jelas di wajah atau telangiektasis adalah akibat genetik, lingkungan, atau kombinasi dari keduanya. Telangiektasis lebih sering dialami oleh individu berkulit putih, yang sering terpapar sinar matahari dalam jangka waktu lama.

Sasaran utama munculnya telangiektasis adalah pada bagian kulit {{tubuh}} yang paling sering terkena udara dan sinar matahari. Bukan hanya itu, beberapa penyebab lain dari terlihatnya pembuluh darah di wajah yakni akibat:

  • Alkoholisme, kecanduan alkohol dapat mengganggu aliran darah di dalam pembuluh darah dan mengakibatkan penyakit hati
  • Usia, usia yang semakin menua bisa mengakibatkan melemahnya pembuluh darah di dalam {{tubuh}}
  • Kehamilan, dapat memberikan tekanan yang cukup kuat pada pembuluh darah
  • , yakni penyakit kulit yang mengakibatkan area wajah seperti, hidung, dagu, pipi, dan dahi menjadi kemerahan
  • Konsumsi obat kortikosteroid dalam waktu lama, ternyata dapat membuat kulit menjadi lebih tipis yang pada akhirnya memudahkan kemunculan pembuluh darah di wajah
  • , sebuah penyakit langka yang mengakibatkan struktur kulit mengeras
  • , yakni penyakit peradangan pada kulit yang menimbulkan ruam, kelemahan otot, sampai radang otot

Kapan harus ke dokter?

Sebenarnya, kondisi telangiekstasis tidaklah membahayakan yang pada akhirnya tidak perlu dikhawatirkan. Akan tetapi, jika semakin lama jumlah serat-serat pembuluh darah yang muncul semakin banyak, bisa jadi merupakan tanda yang cukup serius.

Jika kemunculan telangiektasis dirasa semakin bertambah dari hari ke hari, tidak ada salahnya {untuk} berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close