Tips Kesehatan

Apa Bisa Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet, Hanya Dengan Olahraga Saja?

Olahraga adalah cara yang paling efektif untuk membakar kalori. Itu sebabnya banyak orang yang beranggapan kalau mau menurunkan berat badan cukup dengan olahraga, olahraga, dan olahraga saja sampai kurus. Tidak perlu sampai repot-repot mengatur porsi makan atau memerhatikan hal lainnya. Akan tetapi, apakah metode menurunkan berat badan tanpa diet seperti ini baik buat {tubuh}?

Bisakah menurunkan berat badan tanpa diet, hanya olahraga saja?

cuaca panas apa bisa menurunkan berat badan tanpa diet, hanya dengan olahraga saja? Apa Bisa Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet, Hanya Dengan Olahraga Saja? Mengapa Berada di Suhu Panas Membuat Anda Lebih Cepat Lelah 702x467

Semakin rajin Kamu berolahraga, maka semakin banyak kalori dan lemak yang dapat dibakar. Berat badan pun akan cepat {turun} seiring waktu. Mudah, bukan? Akan tetapi sayangnya, cara menurunkan berat badan dengan olahraga saja sebenarnya dapat merugikan kesehatan.

Tidak peduli seberapa intens olahraga yang Kamu rutin lakukan, pemasukan kalori akan tetap tinggi apabila Kamu tetap makan sembarangan. Masalahnya, semakin Kamu merasa kelelahan setelah berolahraga, Kamu akan semakin merasa lapar dan kalap untuk makan banyak.

Lapar adalah sinyal dari {tubuh} untuk memberi tahu Kamu inilah saatnya mengisi ulang energi setelah kehilangan dalam jumlah yang cukup banyak selama olahraga tadi.

Kamu bisa saja olahraga setiap hari. Tetapi jika jumlah kalori yang masuk ke {tubuh} masih tetap melebihi jumlah kalori yang dibakar, akan tetap sulit untuk menurunkan berat badan tanpa diet. Hasil olahraga rutin Kamu pun bisa ikut jadi kacau. Pasalnya, keluar masuknya kalori yg tidak seimbang ini lambat laun akan mengganggu proses metabolisme tubuh.

Maka itu, olahraga saja tanpa mengatur pola makan sehat bukanlah strategi penurunan berat badan yang baik.

Tidak perlu takut, diet bukan tidak makan sama sekali

sudah diet ketat dan olahraga tapi berat badan tidak turun juga apa bisa menurunkan berat badan tanpa diet, hanya dengan olahraga saja? Apa Bisa Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet, Hanya Dengan Olahraga Saja? diet menurunkan berat badan yang tak sehat 700x467

Tidak perlu membayangkan diet sebagai hal yang akan menyiksa sampai Kamu kelaparan akibat tidak makan sama sekali. Diet itu sendiri artinya adalah pengaturan pola makan, bukan penghapusan jadwal makan.

Cara diet yang baik dan efektif untuk membantu menurunkan berat badan adalah dengan memastikan kalori yang masuk harus lebih kecil dari kalori yang akan dikeluarkan saat olahraga. Diet yang paling baik adalah pola diet yang dapat dijalankan dalam waktu lama, tidak memberikan efek yang ekstrim, dan bisa disesuaikan dengan gaya hidup Kamu.

Perhatikan hal berikut ini jika mau mulai diet yang sehat

1. Pemilihan makanan

Perbanyak makan makanan tinggi serat dari sayur dan buah-buahan serta karbohidrat kompleks dari makanan pokok Kamu, seperti gandum dan nasi merah. Selain itu, jangan lupa juga penuhi kebutuhan protein dari sumber protein hewani maupun nabati.

Tiga jenis gizi ini penting untuk membantu Kamu merasa kenyang lebih lama yang pada akhirnya mengendalikan nafsu makan yang berlebihan dan mengontrol kalori yang masuk.

Protein juga sangat penting untuk membantu meningkatkan massa otot. Semakin tinggi massa otot, maka proses metabolisme tubuh semakin cepat untuk membakar kalori di dalam {tubuh}.

Sementara berdiet, jauhi makanan berlemak dan berminyak, serta minuman-minuman manis. Tiga jenis makanan ini bisa membuat usaha penurunan berat badan Kamu selalu gagal.

2. Cukup tidur dan kelola stress

Memiliki kebiasaan tidur yang teratur, 7-8 jam setiap malam, dapat membantu Kamu lebih cepat menurunkan berat badan. Pasalnya, kurang tidur dapat mengganggu hormon yang mengatur nafsu makan yakni leptin dan ghrelin.

Selain itu stres juga berdampak sama merugikannya pada nafsu makan dan berat badan Kamu. Peningkatan hormon stres kortisol yang dibarengi dengan peningkatan leptin dan ghrelin akan membuat Kamu lebih mudah merasa kelaparan di malam hari, khususnya ngidam makanan yang tinggi kalori seperti makanan manis dan makanan berlemak.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close