Nurtisi Kita

Apa Bisa Meningkatkan Massa Otot Hanya Dengan Minum Susu Kedelai Saja?

Susu whey protein merupakan sebuah asupan penting yang harus dipenuhi jika Kamu ingin membentuk atau meningkatkan massa otot. Sayangnya, tak semua orang bisa minum susu jenis ini. Sebagai gantinya, sebagian orang beralih ke susu kedelai {untuk} membantu meningkatkan massa ototnya. Akan tetapi, apakah susu kedelai memberi kegunaan yang serupa seperti susu whey protein?

Apa bedanya susu whey protein dan susu kedelai?

Sebelum memutuskan {untuk} minum susu kedelai {untuk} membantu meningkatkan massa otot, ada baiknya Kamu cermati {{dulu}} apa perbedaan nutrisi yang dimiliki kedua jenis susu ini.

Susu whey protein adalah susu yang ditemukan dari sumber hewani. Sebaliknya, seperti yang mungkin sudah Kamu ketahui susu kedelai diolah dari kacang kedelai murni yang didapat sarinya.

Sebenarnya kedua jenis susu ini mempunyai fungsi yang serupa di dalam {{tubuh}}, yaitu membangun dan membentuk jaringan, termasuk jaringan otot. Akan tetapi, akibat ditemukan dari sumber yang berbeda, kandungan nutrisi di dalamnya tentu akan berbeda.

Dalam secangkir susu sari kedelai tanpa pemanis umumnya mengandung kalori yang lebih rendah ketimbang susu whey protein. Selain itu, susu whey protein cenderung lebih mudah diserap dengan baik oleh {{tubuh}} ketimbang susu sari kedelai.

Bisakah meningkatkan massa otot hanya dengan minum susu kedelai?

Bagi Kamu yang mempunyai alergi susu sapi atau mengalami intoleransi laktosa, susu kedelai mungkin bisa menjadi pilihan alternatif {untuk} membentuk otot.

Akan tetapi, Kamu tidak bisa bergantung pada susu kedelai saja {untuk} mendapatkan bentuk dan massa otot yang diimpi-impikan. {Untuk} mendapatkan hasil yang terbaik, Kamu harus mengimbangi dengan olahraga rutin yang lebih intens.

Bila latihan fisik yang Kamu lakukan tidak sebanding dengan asupan protein yang Kamu konsumsi, maka Kamu akan sulit {untuk} mendapatkan bentuk otot yang ideal.

Tips jitu membentuk dan meningkatkan massa otot

Selain minum susu yang berisikan protein tinggi, ada beberapa hal lain yang perlu juga Kamu lakukan supaya proses pembentukan otot berjalan optimal. Berikut beberapa hal yang dapat Kamu coba:

1. Perbanyak latihan kekuatan

Angkat beban adalah jenis olahraga yang ideal {untuk} membentuk dan membesarkan massa otot. Selain angkat beban, latihan kekuatan lain seperti pull up, push up,  sit up, dan squat dapat menjadi cara terbaik {untuk} membentuk otot. Usahakan {untuk} melakukan latihan ini secara rutin setiap hari.

2. Lakukan olahraga intensitas tinggi

Kombinasikan latihan kekuatan pilihan Kamu dengan olahraga kardio interval intensitas tinggi alias HIIT. Tak perlu berlama-lama {untuk} melakukan olahraga jenis ini. Kamu hanya perlu luangkan waktu sekitar 10 sampai 20 menit.

Kombinasi dua jenis olahraga yang berbeda ini membantu membakar lemak lebih efektif bahkan setelah Kamu selesai berolahraga.

3. Perhatikan asupan makanan

Supaya proses pembentukan otot berjalan lebih optimal, Kamu perlu memenuhi asupan nutrisi harian Kamu. Pastikan makanan yang Kamu konsumsi sehari-hari mengandung gizi seimbang yang meliputi karbohidrat, serat, protein, dan lemak baik. Jangan lupa, hindari makanan yang tinggi lemak dan gula.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close