Asmara & Intim

Anyang-anyangan Setelah Seks? Mungkin Ini 4 Penyebabnya

Anyang-anyangan adalah kondisi yang mengakibatkan Kamu sering bolak-balik kencing dan disertai rasa sakit atau panas tiap kali berkemih. Anyang-anyangan lebih sering menyerang wanita ketimbang pria dan penyebab utamanya adalah penggunaan sabun, parfum, atau pun produk perawatan pada organ intim. Akan tetapi, ada pula yang merasakan anyang-anyangan setelah berhubungan seks. Lalu, apa penyebab anyang-anyangan setelah seks? Pelajari jawabannya berikut ini.

Kenapa wanita rentan anyang-anyangan setelah seks?

Dalam dunia medis, anyang-anyangan dikenal dengan disuria dan penyebabnya pun beragam. Akan tetapi, masalah ini biasanya muncul dipicu masalah medis tertentu. Jika Kamu merasakan anyang-anyangan setelah berhubungan seks, kemungkinan besar pemicunya adalah akibat infeksi bakteri vagina atau infeksi saluran kencing. Kenapa?

Pertama akibat struktur anatomi {{tubuh}} perempuan. Lubang vagina berada dekat dengan bukaan uretra, saluran yang membuang urin ke luar {{tubuh}}. Nah, penetrasi penis dapat mendorong bakteri dan partikel asing lainnya yang hidup di sekitar kulit luar lubang vagina.

Ditambah lagi penetrasi penis juga akan memindahkan beragam bakteri dan jamur lain yang tadinya hidup di permukaan kulit penis ke dalam lubang vagina. Apalagi jika Kamu berhubungan seks tanpa kondom dan tidak bisa menjamin kebersihan penisnya. Masuknya koloni bakteri “baru” ini bisa mengganggu keseimbangan pH serta jumlah bakteri baik dalam vagina. Bakteri jahat inilah yang akhirnya mengakibatkan infeksi yang disebut bacterial vaginosis (BV).

Selain itu, penetrasi penis di saat yang bersamaan juga akan mendorong bakteri dari luar masuk ke dalam saluran kemih wanita akibat lokasinya yang berdekatan dengan lubang vagina. Panjang ukuran saluran uretra wanita nyatanya cukup pendek yang pada akhirnya memudahkan bakteri lebih cepat mencapai kandung kemih wanita dan mengakibatkan infeksi. Inilah yang disebut dengan infeksi saluran kencing (ISK).

Sebuah gejala utama dari infeksi vagina dan infeksi saluran kencing adalah sering berkemih yang berasa sakit atau panas (anyang-anyangan).

vagina Anyang-anyangan Setelah Seks? Mungkin Ini 4 Penyebabnya Anyang-anyangan Setelah Seks? Mungkin Ini 4 Penyebabnya vagina 717x467

Penyebab anyang-anyangan lainnya setelah berhubungan seks

Selain akibat infeksi vagina atau ISK, penyebab anyang-anyangan lainnya yang mungkin terjadi setelah berhubungan seks adalah:

1. Infeksi jamur vagina

Penyakit ini disebabkan oleh jumlah jamur yang berlebihan yang pada akhirnya menimbulkan infeksi. Selain anyang-anyangan, gejala lainnya yang umumnya dirasakan adalah gatal, muncul sensasi panas, dan pembengkakan pada vagina. Saat infeksi ini terjadi, sebaiknya Kamu libur {{dulu}} dari hubungan seks sampai sembuh {untuk} menangkal gejala bertambah parah atau infeksi berulang.

2. Trikomoniasis

Penyebab anyang-anyangan setelah seks yang {{umum}} terjadi adalah trikomoniasis. Penyakit ini disebabkan oleh parasit akibat seks tanpa kondom. Biasanya gejala akan muncul dalam waktu 5 sampai 28 hari setelah terpajan melewati hubungan seks.

Selain anyang-anyangan, trikomoniasis kadang menimbulkan gejala lainnya seperti keputihan berubah jadi hijau dan bau, vagina berasa gatal, dan kadang pinggang berasa nyeri.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close