fbpx
Tips Kesehatan

7 Perawatan Rumahan untuk Membantu Mengatasi Cacar Air

Cacar air merupakan infeksi virus yang menimbulkan lenting di seluruh {{tubuh}} dan wajah. Penyakit yang disebabkan oleh virus Varicella-zoster ini bisa menular ke orang yang belum pernah menderita cacar air. Selain obat dokter, ada beberapa perawatan rumahan yang dapat membantu meringankan gejala dan menyembuhkan cacar air.

Advertisement

Perawatan rumahan {untuk} membantu menyembuhkan cacar air

1. Oleskan losion calamine

cara menghilangkan bekas cacar air 7 perawatan rumahan untuk membantu mengatasi cacar air 7 Perawatan Rumahan untuk Membantu Mengatasi Cacar Air cara menghilangkan bekas cacar air 700x467

Advertisement

Losion calamine bisa membantu mengatasi rasa gatal yang diakibatkan oleh cacar air. Losion ini mengandung zinc oxide yang dapat menenangkan kulit saat cacar. Kamu bisa langsung mengoleskan losion dengan menggunakan jari atau kapas ke area kulit yang gatal. Akan tetapi, jangan mengoleskan losion ini di sekitar mata akibat bisa menimbulkan sensasi perih.

2. Pakai kaus kaki dan sarung tangan

tidur pakai kaus kaki 7 perawatan rumahan untuk membantu mengatasi cacar air 7 Perawatan Rumahan untuk Membantu Mengatasi Cacar Air shutterstock 1044186139 1 700x467

Sangat sulit menahan keinginan {untuk} menggaruk area kulit yang terkena cacar. Pasalnya, rasa gatalnya terkadang tak tertahankan dan sangat menyiksa. Dalam keadaan sadar Kamu mungkin masih bisa menahannya, tapi saat tidur tentu saja susah.

Saat tidur Kamu bisa tanpa sadar menggaruknya. Akibatnya, keesokan paginya bisa-bisa lepuhan Kamu telah pecah dan justru menginfeksi bagian kulit lainnya. {Untuk} menangkal hal ini, gunakan kaus kaki dan sarung tangan lembut saat tidur.

Apalagi pada anak-anak, kaus kaki dan sarung tangan sangat membantu menangkal si kecil {untuk} menggaruk area cacar. Jangan lupa, potong {{kuku}} si kecil supaya kukunya tak melukai kulitnya saat tak sengaja tergaruk.

3. Mandi oatmeal

mandi oatmeal 7 perawatan rumahan untuk membantu mengatasi cacar air 7 Perawatan Rumahan untuk Membantu Mengatasi Cacar Air mandi oatmeal 700x467

Oatmeal tak hanya enak dimakan, tetapi dapat membantu menenangkan dan menghilangkan rasa gatal saat terkena cacar. Kamu bisa membuat sendiri ramuan {untuk} mandi oatmeal, dengan cara:

  • Ambil secangkir oatmeal tawar.
  • Haluskan oatmeal supaya teskturnya berubah menjadi {{bubuk}}.
  • Masukkan oatmeal yang telah dihaluskan ke dalam bak mandi {untuk} berendam.
  • Berendamlah selama kurang lebih 20 menit di dalamnya.
  • Bilas dengan air bersih.

4. Mandi dengan baking soda

natrium bikarbonat 7 perawatan rumahan untuk membantu mengatasi cacar air 7 Perawatan Rumahan untuk Membantu Mengatasi Cacar Air baking soda 700x467

Selain digunakan {untuk} membuat kue, baking soda dapat digunakan saat mandi {untuk} menyembuhkan cacar air. Bahan yang satu ini mempunyai sifat antigatal dan antiradang. Kamu bisa menambahkan satu sendok teh baking soda ke dalam bak mandi yang berisi air hangat. Lalu, berendamlah selama kurang lebih 15-20 menit di dalamnya.

Jika tidak ingin berendam, Kamu bisa mengelap atau mengompres kulit yang gatal dengan baking soda. Gunakan handuk atau kain yang lembut lalu basahi dengan air yang sudah dicampur dengan baking soda. Baking soda membantu menetralisir asam yang ada di kulit dan mengurangi iritasi.

5. Mengompres dengan teh chamomile

manfaat teh chamomile 7 perawatan rumahan untuk membantu mengatasi cacar air 7 Perawatan Rumahan untuk Membantu Mengatasi Cacar Air Khasiat Teh Chamomile yang Baik Bagi Tubuh 700x467

Teh chamomile ternyata dapat membantu menenangkan area cacar yang berasa gatal. Chamomile mempunyai efek antiseptik dan antiradang pada saat digunakan langsung pada kulit. {Untuk} mengurangi gatal dengan teh chamomile, pertama-tama Kamu perlu menyeduh dua sampai tiga kantong teh. Lalu, celupkan kapas atau kain lembut ke dalam teh dan taruhlah di atas kulit yang gatal. Tepuk lembut supaya air teh terserap sempurna ke kulit.

6. Minum obat pereda nyeri

profertil 7 perawatan rumahan untuk membantu mengatasi cacar air 7 Perawatan Rumahan untuk Membantu Mengatasi Cacar Air Profertil obat kesuburan 698x467

{Untuk} meredakan nyeri dan juga demam saat cacar, minumlah obat pereda nyeri non-aspirin seperti acetaminophen (paracetamol) atau ibuprofen. Jangan berikan obat golongan aspirin {untuk} anak-anak akibat berisiko menimbulkan sindrom Reye.

Sindrom Reye adalah penyakit yang dapat menyerang hati dan otak. Penyakit ini juga termasuk kondisi yang sangat serius akibat bisa mengakibatkan kematian.

7. Oleskan minyak esensial

manfaat minyak lavender 7 perawatan rumahan untuk membantu mengatasi cacar air 7 Perawatan Rumahan untuk Membantu Mengatasi Cacar Air shutterstock 296163296 700x467

Minyak esensial seperti lavender atau jojoba oil bisa membantu meringankan rasa gatal dan mempercepat penyembuhan kulit. Minyak lavender mengandung bahan aktif yang berfungsi {untuk} mengurangi pembengkakan, gatal, dan kemerahan.

Selain itu, minyak lavender juga membantu menangkal infeksi atau jaringan parut. Senyawa linalyl asetat dan linalol di dalam minyak lavender bisa membantu menyembuhkan luka. Akan tetapi, sebelum Kamu menggunakan minyak esensial ini, sebaiknya Kamu selalu melakukan tes alergi diawal dengan mengoleskan sedikit {{dulu}} ke kulit.

Berbagai cara menyembuhkan cacar air ini bisa Kamu coba di rumah berbarengan dengan pengobatan yang diberikan dokter.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

ADBLOCK DETECTED