fbpx
Tips Kesehatan

7 Langkah Sederhana Memulai Pola Hidup Sehat Supaya Panjang Umur

Banyak orang yg tidak begitu paham bagaimana caranya {untuk} menjaga dirinya tetap sehat, baik secara fisik dan mental. Padahal hidup sehat dan bahagia adalah kunci panjang {{umur}}. Artinya, semakin bahagia seseorang, maka besar pula kemungkinanya orang tersebut hidup lebih lama. Nah, sebuah cara sederhana yang dapat Kamu lakukan {untuk} hidup lebih bahagia dan panjang {{umur}} adalah dengan menerapkan pola hidup sehat.

Advertisement

Yuk, simak panduan memulai pola hidup sehat di sini.

Advertisement

Langkah sederhana {untuk} memulai pola hidup sehat

Berikut beberapa kiat-kiat sederhana yang dapat Kamu lakukan {untuk} memulai pola hidup sehat:

1. Hindari stres

hormon stres 7 Langkah Sederhana Memulai Pola Hidup Sehat Supaya Panjang Umur 7 Langkah Sederhana Memulai Pola Hidup Sehat Supaya Panjang Umur hormon stres 700x467

Macet di jalan, deadline tugas atau kerjaan yang mencekik, keuangan yang tersendat, hubungan asmara yang sedang renggang, dan berbagai perahara hidup lainnya tentu akan membuat Kamu stres. Saat Kamu merasa stres, semua sistem dalam {{tubuh}} Kamu akan meresponnya dengan cara yang berbeda-beda. Stres yang bersifat kronis dapat berdampak pada kesehatan Kamu secara keseluruhan. Nah, oleh sebab itu, berusahalah sebisa mungkin {untuk} mengurangi atau bahkan menghindari segala hal yang dapat membuat Kamu stres.

Berhenti sebentar dari aktivitas yang sedang Kamu kerjakan adalah hal lumrah. Pada saat Kamu sedang merasa tertekan, cobalah {untuk} menepi sebentar pada sebuah tempat yang sepi. Tenangkan diri Kamu sambil mengambil napas dalam-dalam dan embuskan secara perlahan.

Lakukan hal tersebut berulang kali sampai Kamu merasa lebih rileks. Mengambil napas dalam-dalam sendiri telah terbukti menurunkan kadar kortisol, yang bisa membantu mengurangi stres dan kecemasan.

Kamu dapat melakukan berbagai aktivitas lainnya yang Kamu senangi. Contohnya, membaca, menulis jurnal, atau pun bermain dengan hewan peliharaan. Intinya, buatlah diri Kamu merasa nyaman dengan cara yang Kamu senangi.

2. Bijak memilih makanan

makanan sehat untuk orang sibuk 7 Langkah Sederhana Memulai Pola Hidup Sehat Supaya Panjang Umur 7 Langkah Sederhana Memulai Pola Hidup Sehat Supaya Panjang Umur makanan sehat orang sibuk 700x467

Apa yang Kamu makan tentu akan memengaruhi bagaimana {{tubuh}} Kamu bekerja. Oleh sebabnya, penting bagi Kamu {untuk} memerhatikan setiap makanan yang Kamu konsumsi setiap hari.

Pastikan kalau makanan dalam piring Kamu memenuhi prinsip gizi seimbang, yang mencangkup karbohidrat, serat, protein, dan lemak baik. Jangan hanya bergantung dengan satu jenis makanan pokok saja. Kamu bisa mengganti makanan pokok dengan jagung, mi, ubi, atau kentang. Jadi, tak harus nasi terus.

Perhatikan pula porsi makan Kamu. Memerhatikan porsi makan sangatlah penting {untuk} menangkal Kamu mengalami kegemukan dan terserang berbagai penyakit kronis. Ingat, apapun yang berlebihan tentu tidak baik {untuk} {{tubuh}}.

Selain memilah makanan yang akan dikonsumsi, Kamu juga harus bijak dalam mengolahnya. Hindari mengolah makanan dengan cara digoreng. Kamu bisa mengolah makanan dengan cara yang lebih sehat, seperti direbus, dikukus, atau ditumis.

3. Sempatkan olahraga setiap hari

senam peregangan 7 Langkah Sederhana Memulai Pola Hidup Sehat Supaya Panjang Umur 7 Langkah Sederhana Memulai Pola Hidup Sehat Supaya Panjang Umur shutterstock 1167700306 699x467 1

Olahraga tak melulu harus jogging atau pergi ke gym. Kamu bebas melakukan berbagai jenis olahraga yang memang Kamu sukai. Jika Kamu suka bersepeda atau berenang, maka jangan ragu {untuk} melakukannya. Begitu pula jika hanya menyukai jalan santai. Kuncinya satu, buatlah {{tubuh}} Kamu aktif bergerak setiap hari.

Dengan aktif bergerak, {{tubuh}} Kamu akan berusaha {untuk} membakar kalori yang mengendap di {{tubuh}}. Lebih dari itu, hal ini dapat membantu mengalirkan lebih banyak oksigen ke dalam sel-sel {{tubuh}} dan menjaganya tetap sehat. Tak heran jika setelah olahraga atau melakukan aktivitas fisik Kamu jadi merasa lebih bugar.

Nah, bagi Kamu pekerja kantoran yang mungkin tidak mempunyai banyak waktu {untuk} berolahraga, Kamu bisa melakukan berbagai aktivitas fisik sederhana guna memastikan {{tubuh}} Kamu tetap bergerak.

Saat menuju ruangan kantor, cobalah {untuk} memilih naik tangga ketimbang naik lift atau eskalator. Kamu juga dapat meluangkan waktu {untuk} berjalan-jalan atau sekadar naik {{turun}} tangga sebelum dan sesudah makan siang.

Terkadang dengan perubahan kecil dalam rutinitas sehari-hari bisa membantu Kamu menjadi lebih aktif berolahraga.

4. Kurangi gula mulai hari ini

gula darah naik 7 Langkah Sederhana Memulai Pola Hidup Sehat Supaya Panjang Umur 7 Langkah Sederhana Memulai Pola Hidup Sehat Supaya Panjang Umur gula darah naik 700x467

Kamu penyuka dessert alias makanan manis? Cupcake, es krim, permen, brownies, memang sangat menggonda lidah. Akan tetapi, mulai hari ini berniatlah {untuk} mengurangi atau bahkan menghindari berbagai makanan tersebut.

Hal ini bukan tanpa sebab. Pasalnya, asupan gula yang terlalu banyak dapat memicu penyakit diabetes. Nah, jika sudah terkena diabetes, Kamu akan lebih rentan terkena berbagai penyakit kronis di lalu hari. Beberapa di antaranya seperti penyakit jantung dan stroke.

Mulailah secara perlahan-lahan. Jika biasanya Kamu minum kopi dengan dua sendok gula, kini cobalah hanya satu sendok saja. Setelah terbiasa, Kamu bisa menghilangkan asupan gula sama sekali dalam cangkir kopi yang Kamu minum.

Alih-alih minum minuman kemasan, lebih baik Kamu makan potongan buah segar. Selain lebih sehat, gula yang terkandung di dalam buah segar tentu tidak akan sebanyak yang ada dalam minuman kemasan.

Tak hanya gula, Kamu juga harus perlahan-lahan mengurangi kebiasaan merokok dan minum alkohol.

5. Banyak minum air putih

minum air putih menghilangkan batu ginjal 7 Langkah Sederhana Memulai Pola Hidup Sehat Supaya Panjang Umur 7 Langkah Sederhana Memulai Pola Hidup Sehat Supaya Panjang Umur 770113 701x467 2

Sekitar 60 persen dari komposisi {{tubuh}} Kamu adalah air. Sayangnya, setiap hari cairan dalam {{tubuh}} akan terus berkurang lewat keringat, urin, dan bahkan setiap kali Kamu bernapas. Inilah mengapa, penting bagi Kamu {untuk} memastikan sesungguhnya kebutuhan cairan Kamu terpenuhi setiap hari.

Lebih jauh, memastikan sesungguhnya asupan cairan Kamu tepenuhi dengan baik tidak hanya menangkal dehidrasi saja, tapi juga jadi cara mampu bagi Kamu supaya tidak mengonsumsi minuman manis.

Bawalah botol minum sendiri ke mana pun Kamu pergi. Masukkan botol tersebut dalam tas, yang pada akhirnya Kamu tidak akan lupa membawanya ke mana-mana. Selain itu, sediakan juga air minum di meja kerja atau di kamar tidur.

6. Cukup tidur

penataan kamar 7 Langkah Sederhana Memulai Pola Hidup Sehat Supaya Panjang Umur 7 Langkah Sederhana Memulai Pola Hidup Sehat Supaya Panjang Umur Jangan Anggap Remeh Penataan Kamar Bisa Mengganggu Kenyamanan Tidur Lho 700x467

Rajin olahraga dan makan makanan yang bernutrisi tinggi akan berakhir sia-sia kalau Kamu sendiri tidak cukup tidur. Menurut Cheri Mah, seorang pakar masalah gangguan tidur di Stanford University dan University of California, tidur adalah kebutuhan paling mendasar {untuk} menuju pola hidup sehat.

Tidur menjadi sebuah fondasi di mana pikiran dan {{tubuh}} yang sehat terbentuk. Jika fondasi ini goyah, tentunya akan berdampak pada kesehatan Kamu. Mulai dari fungsi kekebalan tubuh, energi, selera makan, suasana hati sampai berat badan Kamu.

Menurut National Sleep Foundation, durasi tidur yang ideal bagi orang dewasa sekitar 7-9 jam per malam. Jadi, pastikan kalau setiap malam Kamu tidur setidaknya 7-9 jam, ya!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

ADBLOCK DETECTED