Kebugaran Jasmani

7 Cara Sehat untuk Meraih dan Menjaga Kebugaran Jasmani

Kamu perlu jasmani yang sehat, segar, dan bugar {untuk} bisa selalu beraktivitas tanpa hambatan. Jasmani yang segar bugar dapat menghindari Kamu dari risiko penyakit jantung, masalah tulang dan otot, serta terhindar dari kelebihan berat badan. Terlebih jika jasmani kuat, kesehatan mental Kamu akan sama terjaga sehatnya.

Yang dapat dilakukan {untuk} meraih kebugaran jasmani

Kebugaran jasmani bisa diraih dengan rajin berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari atau 5 hari per ahad, dan juga menjaga pola makan yang sehat seimbang.

Akan tetapi sebelum mulai olahraga atau berdiet, sebaiknya pertimbangkan juga kondisi kesehatan Kamu kali ini, kebutuhan gizi harian, dan toleransi {{tubuh}} Kamu. Penting {untuk} konsultasi ke dokter sebelum memulai olahraga atau melakukan diet apa pun.

1. Latihan aerobik

Aerobik 7 Cara Sehat untuk Meraih dan Menjaga Kebugaran Jasmani 7 Cara Sehat untuk Meraih dan Menjaga Kebugaran Jasmani Aerobik 700x467

Olahraga aerobik atau latihan kardiovaskular seperti jalan cepat, jogging, berenang, dan bersepeda dapat membantu menguatkan kesehatan jantung Kamu. Latihan ini bisa membuat jantung memompa darah dengan kecepatan lebih tinggi dalam jangka waktu yang lama.

Olahraga aerobik juga bermanfaat {untuk} membantu menjaga stamina, tekanan darah normal, serta kolesterol tetap normal. Selain itu, latihan kardiovaskular bermanfaat {untuk} memperkuat tulang belakang dan menangkal berat badan berlebih, menurut University of Maryland Medical Center.

2. Latihan anaerobik

olahraga aerobik dan anaerobik 7 Cara Sehat untuk Meraih dan Menjaga Kebugaran Jasmani 7 Cara Sehat untuk Meraih dan Menjaga Kebugaran Jasmani shutterstock 431726638 700x467

Selain aerobik, ada juga olahraga anaerobik. Jika latihan aerobik dilakukan dengan intensitas rendah dalam waktu lama, olahraga anaerobik dilakukan dalam waktu cepat {untuk} membantu meningkatkan kekuatan otot. Misalnya adalah lari cepat (sprint) atau angkat beban.

Kombinasi olahraga aerobik dan anaerobik diperlukan {untuk} pengembangan kebugaran fisik, menurut kajia penelitian dari University of Iowa Hospitals and Clinics.

3. Latihan kekuatan otot

olahraga anaerobik 7 Cara Sehat untuk Meraih dan Menjaga Kebugaran Jasmani 7 Cara Sehat untuk Meraih dan Menjaga Kebugaran Jasmani shutterstock 631993760 700x467 1

Latihan kekuatan otot dapat menjadi sebuah cara {untuk} mendapatkan kebugaran jasmani. latihan kekuatan otot memantu metabolisme {{tubuh}} bekerja lebih cepat {untuk} membakar kalori lebih banyak dan efisien.

Selain membuat fisik bugar dan sehat, latihan kekuatan otot juga bermanfaat {untuk} membangun stamina dan membantu membangun serta mempertahankan massa otot.

Contoh latihan yang dapat Kamu lakukan adalah push up, pull up, dan olaharaga angkat beban. Latihan yang bekerja kelompok otot utama harus dilakukan dua atau tiga kali per ahad {untuk} hasil terbaik

4. Latihan peregangan

senam peregangan 7 Cara Sehat untuk Meraih dan Menjaga Kebugaran Jasmani 7 Cara Sehat untuk Meraih dan Menjaga Kebugaran Jasmani shutterstock 1167700306 699x467

Peregangan adalah sebuah latihan penting dalam program kebugaran jasmani. Meregangkan {{tubuh}} Kamu dua atau tiga kali dalam seminggu dapat membuat otot {{tubuh}} lebih rileks. Peregangan juga dapat dilakukan setelah olahraga apa pun.

Peregangan setelah olahraga memungkinan otot-otot {{tubuh}} {untuk} memulihkan diri setelah bekerja keras. Peregangan juga membantu meningkatkan sirkulasi peredaran darah dan kelenturan sendi, serta memperbaiki postur {{tubuh}}.

Yoga, pilates, dan peregangan dinamis adalah beberapa contoh aktvitas yang bisa meregangkan {{tubuh}} Kamu secara efektif.

Catatan penting!

Perlu diingat, tidak semua olahraga cocok {untuk} Kamu jalani. Maka pilihlah jenis olahraga yang Kamu suka. Apabila Kamu lebih suka beraktivitas ramai-ramai, coba ajak teman atau keluarga {untuk} ikut kelas zumba atau pilates. Jika Kamu lebih senang sendirian, mungkin bisa coba berenang. Kamu dapat mencoba berbagai olahraga baru, tidak harus terpaku dengan olahraga yang itu-itu saja.

Lalu, apa lagi tips menjaga kebugaran jasmani?

5. Diet sehat

bahaya mikroplastik dalam makanan, bahaya plastik, partikel plastik 7 Cara Sehat untuk Meraih dan Menjaga Kebugaran Jasmani 7 Cara Sehat untuk Meraih dan Menjaga Kebugaran Jasmani Kenali Bahaya Mikroplastik dalam Makanan Untuk Kesehatan 1 623x467

Mencapai kebugaran jasmani tidak hanya bisa dengan melakukan olahraga rutin saja. Kamu juga harus menyeimbanginya dengan memulai kebiasaan makan yang sehat. Jika Kamu tidak bisa mencukupi asupan nutrisi dengan baik, daya tahan {{tubuh}} akan semakin menurun yang pada akhirnya Kamu bisa lebih rentan kelelahan dan jatuh sakit.

Diet yang sehat dan seimbang sejatinya adalah tetap mencukupi semua zat gizi penting dari variasi makanan sehat. Di antaranya  adalah sayur dan buah segar, daging tanpa lemak, ikan-ikanan dan produk laut, kacang dan biji-bijian, dan pati. Sedangkan, hindari makanan tinggi gula dan garam, makanan tinggi lemak trans dan lemak jenuh, serta makanan yang diproses dengan banyak minyak.

6. Banyak makan buah dan sayur

pilihan buah untuk puasa 7 Cara Sehat untuk Meraih dan Menjaga Kebugaran Jasmani 7 Cara Sehat untuk Meraih dan Menjaga Kebugaran Jasmani shutterstock 203707804 689x467

Menurut Harvard School of Public Health, diet tinggi serat dari buah dan sayuran segar bantu menstabilkan kadar gula darah yang pada akhirnya stamina {{tubuh}} tidak gampang {{turun}}.

{Untuk} dapatkan {{tubuh}} yang bugar dan sehat, setidaknya Kamu harus makan 4 cangkir buah dan sayuran per hari. Kamu bisa makan sayuran seperti bayam, wortel  dan sawi sebagai lauk makanan tiap hari.

Sementara itu {untuk} buahnya, pilihlah buah kesukaan Kamu seperti apel, jeruk, melon, atau pisang.

Gonta-ganti terus menunya setiap hari {untuk} dapatkan nutrisi yang maksimal.

6. Tidur cukup

mengatasi skoliosis 7 Cara Sehat untuk Meraih dan Menjaga Kebugaran Jasmani 7 Cara Sehat untuk Meraih dan Menjaga Kebugaran Jasmani posisi tidur untuk mengatasi skoliosis 700x467 2

Selain rutin olahraga dan berdiet, Kamu tidak boleh melupakan pentingnya istirahat dan tidur cukup. tidur nyenyak dan cukup selama 7-8 jam setiap malam membantu menjaga {{tubuh}} tetap segar saat bangun pagi.

Sebaliknya, kurang tidur, kebiasaan begadang, atau tidur tidak nyenyak justru akan meningkatkan kadar hormon stres kortisol yang bisa menurunkan kesehatan Kamu dalam jangka panjang.

Coba praktikkan prinsip sleep hygiene {untuk} membantu Kamu cukup tidur 7-8 jam setiap malamnya. 

7. Berhenti merokok dan minum alkohol

rokok dan asam lambung 7 Cara Sehat untuk Meraih dan Menjaga Kebugaran Jasmani 7 Cara Sehat untuk Meraih dan Menjaga Kebugaran Jasmani rokok dan asam lambung 700x467

Merokok dan minum minuman beralkohol adalah kebiasaan buruk yang mengancam kesehatan {{tubuh}} Kamu di masa depan. Merokok dan alkohol sudah lama dikaitkan dengan risiko hipertensi, diabetes, penyakit jantung, sampai kanker dan masalah kesuburan. 

Terlebih walaupun Kamu rajin olahraga dan diet sehat, risiko penyakit akibat rokok dan miras masih mungkin menghantui. Maka, segera hentikan dua kebiasaan ini sebelum jadi kecanduan {untuk} menjaga kebugaran jasmani Kamu. 

Ada banyak cara {untuk} membantu Kamu memberhentikan kebiasan buruk tersebut. Kamu bisa mulai coba dengan mengunyah permen karet atau ngemil wortel {untuk} menghilang mulut asam saat tidak merokok. Sementara itu {untuk} memulai hindari minuman beralkohol, Kamu bisa sering-sering minum infused water guna mengalihkan ngidam alkohol.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close