Kebugaran Jasmani

6 Kesalahan Saat Berjalan Kaki yang Sering Disepelekan Banyak Orang

Jalan kaki menawarkan segudang kegunaan yang baik buat kesehatan Kamu. Sayangnya, banyak orang yang secara tak sadar melakukan kesalahan saat berjalan kaki. Akibatnya, kegunaan yang ditawarkan dari aktivitas satu ini jadi tak optimal.

Kesalahan yang sering dilakukan saat berjalan kaki

1. Langkah kaki telalu lebar

olahraga mudah jalan kaki  6 Kesalahan Saat Berjalan Kaki yang Sering Disepelekan Banyak Orang shutterstock 753613000 707x467

Kebanyakan orang yang jalan cepat pasti secara refleks akan melangkahkan kakinya lebar-lebar. Hal ini sebenarnya tidak tepat. Langkah kaki yang terlalu lebar justru dapat membuat gerakan berasa lebih berat dan lambat. Betis dan tulang kering Kamu juga cepat berasa nyeri.

Ambillah langkah yang lebih pendek, tapi dengan irama gerakan yang lebih cepat.

2. Minum terlalu sedikit

minuman olahraga  6 Kesalahan Saat Berjalan Kaki yang Sering Disepelekan Banyak Orang jenis minuman olahraga

Sama seperti pada saat melakukan olahraga lainnya, pastikan Kamu memenuhi asupan cairan yang cukup sebelum, selama, dan setelah jalan kaki. Bawa botol minum bersama Kamu saat berjalan kaki supaya terhindar dari dehidrasi sekaligus menjaga asupan cairan {{tubuh}} secara optimal. Terutama dalam cuaca panas.

Hindari minuman yang berisikan kafein, akibat minuman jenis ini justru dapat mengakibatkan Kamu cepat haus dan kehilangan banyak cairan. Ada baiknya, pilihlah air mineral biasa.

3. Pakai sepatu yg tidak tepat

sepatu olahraga untuk osteoartitis lutut  6 Kesalahan Saat Berjalan Kaki yang Sering Disepelekan Banyak Orang sepatu olahraga untuk osteoartritis lutut 654x467

Tidak semua sepatu olahraga cocok digunakan {untuk} jalan kaki. Jika sepatu yang Kamu pakai {untuk} berjalan tidak tepat, Kamu akan lebih mungkin {untuk} mengalami plantar fasciitis, terkilir, sampai masalah lutut.

Pilihlah sepatu yang ringan akan tetapi tetap mempunyai bantalan empuk {untuk} memberikan kenyamanan saat Kamu melangkah. Sol sepatu juga harusnya fleksibel, yang pada akhirnya kaki Kamu tidak tidak menerima tekanan berat saat berjalan.

Yang tak kalah penting, pastikan jika sepatu yang Kamu pakai mempunyai ukuran yang pas di kaki. Jadi, Kamu tidak merasa kesempitan atau kelonggaran saat memakainya.

4. Salah pilih baju

Olahraga untuk Kanker Usus Besar  6 Kesalahan Saat Berjalan Kaki yang Sering Disepelekan Banyak Orang shutterstock 369928244 700x467

Sebagian orang mungkin memakai pakaian terlalu tebal saat jalan kaki. Padahal, pakaian yang terlalu tebal justru menghambat proses penguapan {{tubuh}}. Ada baiknya, gunakanlah pakaian yang nyaman, tidak berbahan tebal, dan bisa menyerap keringat. Intinya, pakailah bahan yang dapat membantu memudahkan penguapan keringat yang keluar saat jalan kaki.

5. Tidak menggerakan tangan

semangat olahraga  6 Kesalahan Saat Berjalan Kaki yang Sering Disepelekan Banyak Orang semangat olahraga 700x467

Kesalahan berjalan kaki lainnya adalah membiarkan tangan Kamu menggantung lemas di kedua sisi {{tubuh}} saat berjalan. Ada baiknya ayunkan tangan Kamu ke belakang berlawanan dengan langkah kaki Kamu. Jadi, pada saat kaki kiri ke depan, maka arahkan lengan kanan Kamu ke depan. Begitu pula sebaliknya.

Supaya lebih optimal, kepalkan tangan dengan posisi ibu jari di dalam kepalan {untuk} menegangkan otot lengan atas. Lalu, ayunkan tangan ke belakang sekuat yang Kamu bisa.

Jika dilakukan dengan teknik yang tepat, mengayunkan tangan pada saat berjalan kaki dapat mengimbangi langkah kaki sekaligus mempercepat gerak langkah Kamu.

6. Kepala menunduk saat berjalan

olahraga saat berpuasa  6 Kesalahan Saat Berjalan Kaki yang Sering Disepelekan Banyak Orang Tips Sehat Jika Ingin Melakukan Olahraga Saat Puasa 700x467

Tanpa disadari, banyak orang yang berjalan kaki dengan kepala tertunduk akibat terlalu fokus mengawasi gerak kaki atau justru terus-terusan melihat layar ponsel. Padahal, menundukkan kepala saat berjalan justru dapat membuat area punggung, leher, dan bahu Kamu berasa nyeri atau bahkan kaku.

Tidak cumna itu, menundukkan kepala saat jalan kaki justru dapat membuat Kamu tidak awas dengan lingkungan sekitar. Ya, bisa saja Kamu menabrak orang atau bahkan bangunan yang ada di depan Kamu.

Oleh sebab itu, berjalannya dengan postur {{tubuh}} yang baik. Tegakkan badan dan fokuskan mata pada jalanan atau situasi di depan Kamu

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close