Nurtisi Kita

5 Trik Cerdas Supaya Bisa Tetap Sehat Saat Makan-Makan Tahun Baru

Pesta pergantian tahun kerap dijadikan momen {untuk} berkumpul bersama teman dan keluarga. Jika sudah berkumpul tentu yang tak akan terlewatkan yaitu makan-makan. Apalagi tahun baru identik dengan pesta barbeque dengan menu bakaran mulai ayam, daging, sampai jagung bakar. Melimpahnya makanan di perayaan tahun baru biasanya membuat Kamu menjadi kalap. Semua makanan yang disediakan dimakan habis dengan dalih “sekali-kali”. Oleh karena itu, yuk, simak tips makan sehat saat tahun baru berikut ini.

Tips makan sehat saat tahun baru

pesta BBQ; makanan BBQ  5 Trik Cerdas Supaya Bisa Tetap Sehat Saat Makan-Makan Tahun Baru shutterstock 443417317 700x467

1. Isi perut dengan makan siang yang sehat

Saat Kamu berencana {untuk} mengadakan pesta bakaran di malam tahun baru, sebaiknya isi perut dengan makanan sehat dan bergizi saat makan siang. Pastikan {untuk} makan makanan yang berisikan protein tanpa lemak, karbohidrat kompleks, dan juga serat.

Jangan sampai Kamu tidak makan siang atau makan makanan yg tidak mengenyangkan dan cukup gizi. Pasalnya, hal ini bisa membuat Kamu merasa sangat lapar di malam hari. Bisa-bisa semua makanan yang disajikan di malam tahun baru Kamu lahap semuanya tanpa pikir panjang. Akibatnya, Kamu makan dengan sangat berlebihan.

2. Makan camilan sebelum pergi

Makan camilan sebelum pergi ke acara makan-makan tahun baru bisa menjadi cara mampu {untuk} menghindari rasa lapar yang menyerang secara berlebihan. Rasa lapar yang tertahankan membuat Kamu makan kalap di pesta tahun baru. Akibatnya, diet yang sedang Kamu jalani gagal dalam sekejap.

Oleh akibat itu, usahakan {untuk} makan camilan {untuk} menahan rasa lapar. Kamu bisa memilih camilan sehat dan kaya serat seperti buah-buahan atau supaya-supaya supaya kenyangnya lebih lama.

3. Banyak minum air putih

Soda, sirup, bir, dan minuman manis lainnya mungkin menjadi menu wajib {untuk} melengkapi pesta. Nah, jika Kamu ingin tetap makan sehat saat tahun baru, usahakan {untuk} membatasi minuman ini. Minuman manis mengandung kalori yang sangat tinggi. Oleh karena itu, lebih baik Kamu minum air putih saja.

Selain lebih sehat, minum banyak air putih juga membantu menghalau rasa lapar yang menyerang serta membuat Kamu lebih kenyang setelah makan.

4. Batasi porsi makan

Meski semua makanan terlihat enak dan menggugah selera, Kamu tetap perlu menjaga kesehatan dan berat badan dengan membatasi porsi makan. Oleh akibat itu, jangan makan berlebihan dan batasi porsinya.

Jangan memenuhi piring dengan daging atau lemak. Ada baiknya, isi setengah bagian piring dengan sayur-sayuran. Selain lebih sehat, sayuran juga mengandung serat yang dapat membuat Kamu merasa kenyang lebih lama. Dengan begitu, Kamu tetap bisa makan enak dengan porsi yang terkendali.

5. Ubah fokus Kamu

Saat pesta tahun baru dimulai, usahakan jangan memikirkan makanannya saja. Namun, fokuslah pada acaranya. Fokuslah {untuk} membuka obrolan dengan teman dan kerabat yang datang. Jadikan momen ini sebagai ajang silaturahmi {untuk} mempererat hubungan Kamu dengan orang lain. Dengan mengubah fokus, Kamu tak lagi hanya memikirkan makan, makan, dan makan dalam pesta pergantian tahun nanti.

Dengan melakukan berbagai tips sederhana ini, Kamu bisa tetap makan enak dengan porsi yang tetap terkendali. Selamat mencoba.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close