Tips Kesehatan

5 Tips Tidur Nyenyak untuk Kamu yang Punya Rematik

Banyak pasien rematik alias rheumatoid arthritis yang mengeluh tidurnya tidak nyenyak. Gejala seperti nyeri sendi dan sendi kaku dapat menganggu tidur Kamu di malam hari. Akan tetapi, tak perlu khawatir, ini bisa diatasi. Ada beberapa tips tidur nyenyak untuk Kamu atau orang tersayang Kamu yang memiliki rematik.

Hubungan rematik dan masalah tidur

tidur di kasur tidur lama 5 tips tidur nyenyak untuk anda yang punya rematik 5 Tips Tidur Nyenyak untuk Kamu yang Punya Rematik tidur di kasur tidur lama 700x467

Hubungan rematik dan masalah tidur bisa menjadi lingkaran setan yg tidak berujung, akibat keduanya saling memengaruhi. Semakin banyak sendi yang sakit akibat rematik, akan semakin susah tidur. Ya, nyeri kronis memang bisa bikin Kamu susah tidur.

Sementara sulit tidur atau kualitas tidur yang buruk dapat memperparah rasa sakit, lelah, dan depresi yang sering dikaitkan dengan rematik.

Sebuah kajia penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Sleep Medicine menyebutkan kaitan antara tidur dan gejala rematik. Di antara 162 pasien rematik, mereka yg tidak bisa tidur ternyata menunjukkan gejala depresi yang lebih serius, mengalami rasa sakit yang lebih hebat, sangat lelah, dan mengalami kerusakan organ.

Orang dengan rematik mungkin mengalami rasa sakit atau ketidaknyamanan yang membuatnya sulit tidur. Tidak tidur nyenyak dapat berdampak pada seberapa parahnya gejala seseorang dan memicu penyakit lain.

Akan tetapi, ada beberapa hal yang dapat dicoba untuk membantu pasien rematik supaya bisa tidur. Dengan mengatasi masalah tidur, Kamu bisa mengatasi gejala rematik dan meningkatkan kualitas tidur Kamu.

Tips tidur nyenyak saat rematik

Cara untuk meningkatkan kualitas tidur Kamu ketika memiliki rematik antara lain:

1. Cek lagi dosis obat yang Kamu minum

obat maag harus dikunyah 5 tips tidur nyenyak untuk anda yang punya rematik 5 Tips Tidur Nyenyak untuk Kamu yang Punya Rematik obat maag harus dikunyah 700x467

Orang dengan rematik yang sulit tidur membutuhkan obat nyeri yang lebih banyak. Akan tetapi, dosis obat nyeri perlu disesuaikan dengan seberapa parah rasa sakit Kamu supaya bisa tidur nyenyak. Jangan sampai dosisnya terlalu banyak atau sedikit.

2. Olahraga teratur

5 tips tidur nyenyak untuk anda yang punya rematik 5 Tips Tidur Nyenyak untuk Kamu yang Punya Rematik shutterstock 1074744341 700x467

Olahraga ringan dapat membantu Kamu tidur lebih nyenyak. Olahraga dapat meningkatkan suasana hati Kamu. Pasien rematik harus memulai olahraga pelan-pelan, sesuai kemampuan Kamu. Lebih baik berolahraga sebentar daripada tidak sama sekali. Centers for Disease Control and Prevention merekomendasikan penderita rematik untuk berolahraga 2,5 jam setiap minggunya.

Berjalan, berenang, bersepeda, dan peregangan adalah beberapa pilihan olahraga yang baik bagi pasien rematik. Olahraga ini tidak akan selalu membebani sendi atau {tubuh} Kamu.

Olahraga dapat membantu menjaga sendi tetap lentur dan meningkatkan jangkauan gerak persendiannya. Pasien rematik harus menghindari olahraga yang terlalu banyak menekan sendi, contohnya gerakan memutar atau melompat.

3, Batasi minum kafein

teh tanpa kafein 5 tips tidur nyenyak untuk anda yang punya rematik 5 Tips Tidur Nyenyak untuk Kamu yang Punya Rematik Adakah teh tanpa kandungan kafein teh apa saja 702x467

Orang dengan rematik harus menghindari minum kafein di sore atau malam akibat kafein bisa bikin sulit tidur. Nah, kafein biasanya terkandung dalam kopi atau teh. Kamu dapat mengganti kopi atau teh dengan versi tanpa kafein atau teh herbal.

4. Menenangkan diri

istirahat santai 5 tips tidur nyenyak untuk anda yang punya rematik 5 Tips Tidur Nyenyak untuk Kamu yang Punya Rematik shutterstock 657473734 700x467

Memiliki rematik bisa membuat seseorang stres, oleh akibat itu Kamu perlu meluangkan waktu untuk bersantai sebelum tidur. Cobalah membuat rutinitas tidur setiap malam.

Kamu bisa membaca {buku}, menyalakan lilin dengan aromaterapi, atau mendengarkan musik yang tenang.

5. Buat jadwal tidur

tidur saat puasa 5 tips tidur nyenyak untuk anda yang punya rematik 5 Tips Tidur Nyenyak untuk Kamu yang Punya Rematik Apa Yang Terjadi Jika Tidur Seharian Saat Puasa 699x467

Tips tidur nyenyak yang paling utama adalah buatlah jadwal tidur dan bangun. Jadi, tidur dan bangunlah di waktu yang serupa setiap harinya. Jangan mengubah-ubah waktu tidur Kamu, akibat {tubuh} memiliki jam biologis yang mengatur jadwal kerja {tubuh} Kamu.

Selain itu, pastikan suasana kamar tidur Kamu tenang dan santai, serta jaga suhu tetap sejuk. Matikan alat elektronik 30 menit sebelum naik ke tempat tidur dan gunakan tirai gelap untuk memastikan kamar cukup gelap untuk tidur.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close