Tips Kesehatan

5 Tips Mengakali Diri Sendiri Supaya Suka Makan Sayur

Bukan cuma anak kecil saja yg tidak suka makan sayur, kebanyakan orang dewasa juga! Padahal, sayur adalah sumber vitamin dan mineral yang begitu baik untuk jaga kesehatan. Lalu bagaimana caranya supaya suka makan sayur apalagi untuk orang dewasa yang super sibuk?

Supaya suka makan sayur, jajal 5 tips ini

1. Masak pakai rempah-rempah

penyebab keracunan makanan 5 tips mengakali diri sendiri supaya suka makan sayur 5 Tips Mengakali Diri Sendiri Supaya Suka Makan Sayur Landing Page Cooking Guides Jess Kitchen Chopping 1060x650 762x467

Kebanyakan orang dewasa tidak suka sayur akibat rasanya hambar atau malah pahit. Lain kali, cobalah masak sayur dengan variasi {bumbu} dan rempah yang lebih beragam supaya lebih berselera makan.

Misalnya tumis sayuran dengan menambahkan ketumbar, lada, bawang putih, atau perasan jeruk nipis atau lemon untuk memperkuat rasa. Cara lainnya adalah dengan menambahkan sedikit potongan cabai atau beberapa tetes minyak zaitun untuk meringankan rasa hambarnya.

2. Jadikan minuman

jus seledri 5 tips mengakali diri sendiri supaya suka makan sayur 5 Tips Mengakali Diri Sendiri Supaya Suka Makan Sayur jus seledri 700x467

Cara lain untuk mengakali diri sendiri supaya suka makan sayur adalah dengan membuatnya jadi jus atau smoothies. Campurkan dengan buah-buahan kesukaan Kamu untuk menetralisir rasa sayuran.

Akan tetapi ingat: memblender sayuran akan akan mengurangi kandungan seratnya. Meski Kamu tetap bisa mendapatkan asupan vitamin dan mineralnya, jadikanlah jus sayuran hanya sebagai selingan di waktu makan. Usahakan tetap makan sayuran {utuh} untuk memenuhi kebutuhan serat Kamu.

3. Olah sayuran jadi camilan

resep keju sehat 5 tips mengakali diri sendiri supaya suka makan sayur 5 Tips Mengakali Diri Sendiri Supaya Suka Makan Sayur shutterstock 663178858 700x467

Supaya Kamu bisa suka makan sayur, coba olah sayuran menjadi camilan pengganjal lapar. Misalnya dengan menggoreng bayam jadi keripik atau menyelipkan sayur ke dalam camilan favorit Kamu yang lain, seperti martabak sayur.

Tambahkan juga macam-macam potongan sayuran segar ke dalam mangkuk mi instan Kamu sewaktu lagi ngidam makan mi. Mulai dari toge, sawi, kangkung, sampai pakcoy.

4. Pilih sayur yang warna-warni

resep tulang sehat 5 tips mengakali diri sendiri supaya suka makan sayur 5 Tips Mengakali Diri Sendiri Supaya Suka Makan Sayur resep tulang sehat 727x467

Selain rasa, penampilan sajian makanan juga akan memengaruhi nafsu makan kita. Maka, usahakan untuk memasukkan beragam sayur warna-warni demi memanjakan mata. Misalnya, warna putih dari toge, warna hijau dari daun singkong, dan warna oranye dari wortel.

Ketiga sayuran ini bisa diberikan {bumbu} kacang atau {bumbu} urap gurih untuk membuat rasanya juga semakin enak.

Pilih sayuran segar! Selain memiliki warna yang masih cerah, tekstur sayuran segar juga masih renyah.

5. Mulai dari sayuran yang Kamu suka

vegetarian lebih sehat 5 tips mengakali diri sendiri supaya suka makan sayur 5 Tips Mengakali Diri Sendiri Supaya Suka Makan Sayur sekarang tidak ada alasan lagi untuk tidak makan sayur

Coba ikir-pikir kembali, mungkin ada satu-dua sayuran yang masih bisa Kamu tolerir. Mungkin Kamu tidak suka pare atau daun singkong, tapi suka bayam dan brokoli? Nah, mulailah dari sayuran yang Kamu suka {dulu} supaya Kamu tidak langsung terbebani demi “harus bisa makan semua sayur!”

Sayuran favorit Kamu bisa jadi jembatan untuk mengenalkan Kamu pada variasi rasa yang lebih beragam. Misalnya  jika Kamu suka bayam hijau lalu cobalah makan bayam merah. Atau Kamu menyukai brokoli selanjutnya bisa mencoba kembang kol yang teksturnya mirip. Dengan begitu, semakin banyak jenis sayuran yang akan Kamu makan.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close