Harus Tau

5 Strategi Jaga Diri Supaya Tidak Tertular Flu dan Batuk di Musim Pancaroba

{Flu} dan batuk biasa jadi penyakit langganan pada saat sudah memasuki musim pancaroba. Dua penyakit ini bisa muncul bersamaan akibat ekstra lendir yang diproduksi paru sudah naik sampai ke tenggorokan. Jangan biarkan {flu} dan batuk sampai menggangggu aktivitas Anda. Yuk, lindungi diri selama pergantian musim ini supaya tidak ikut tertular sakit!

Jurus menangkis serangan {flu} dan batuk di musim pancaroba

{Flu} dan batuk adalah kombinasi penyakit yang biasanya disebabkan oleh infeksi virus. Untuk mencegahnya, berikut yang bisa Anda lakukan mulai sekarang.

1. Cuci tangan pakai sabun

Tangan kita adalah hunian ideal bagi kuman dan bakteri penyebab penyakit. Setidaknya ada kurang lebih 5 ribu bakteri yang hidup di permukaan tangan kita setiap saat. Nah, itu kenapa kita mudah jatuh sakit kalau jarang cuci tangan.

Cuci tangan adalah salah satu cara paling jitu untuk mencegah penularan {flu} dan batuk. Namun caranya tentu tidak bisa asal basuh pakai air saja. Anda perlu tahu cara cuci tangan yang benar, yaitu dengan menggosok-gosokkan tangan pakai sabun selama 20 detik. Gosok sampai ke sela {kuku} dan buku-buku jari dan bilas bersih dengan air mengalir. Terakhir, keringkan dengan baik.

Jika tidak sempat cuci tangan atau tidak punya sumber air bersih, Anda bisa menggunakan hand sanitizer. Selalu siapkan pembersih kilat ini di dalam tas Anda saat pergi kemana pun.

2. Makan sehat dan banyak minum air putih

Menjaga pola makan teratur dapat membantu tubuh meningkatkan sistem imun guna melawan virus {flu}.

Lengkapilah kebutuhan gizi harian Anda dengan asupan nutrisi seperti antioksida, vitamin C, zink, protein, dan probiotik dari sumber makanan sehat. Contohnya ikan, keluarga jeruk, telur, yogurt, susu, dan lainnya.

Jangan lupa untuk banyak minum air putih untuk mencukupi kebutuhan cairan {tubuh} supaya tidak dehidrasi.

3. Istirahat yang cukup

Beraktivitas boleh, tapi sebisa mungkin jangan sampai memforsir {tubuh} tanpa rehat sama sekali. Selain membuat Anda cepat stres, kesibukan tanpa batas akan membuat Anda kekurangan waktu tidur.

Kombinasi kedua hal ini dapat membuat Anda gampang jatuh sakit. Maka dari itu, jangan nomorsekiankan pentingnya istirahat. Pastikan Anda cukup tidur setiap malam akibat tidur cukup akan membantu {tubuh} mengisi ulang stamina untuk keesokan hari. Artinya Anda bisa lebih kebal dari berbagai macam penyakit.

4. Olahraga

Mengutip WebMD, American Council on Exercise menyatakan bahwa olahraga rutin dapat membantu mencegah Anda dari berbagai risiko penyakit lewat banyak cara tak terduga

Olahraga membantu tidur lebih nyenyak, meningkatkan metabolisme, dan meningkatkan mood sehingga pada akhirnya ikut meningkatkan stamina {tubuh} {tubuh}. Sebuah penelitian dari University of Utah menunjukkan bahwa olahraga satu menit setiap hari saja bisa membawa dampak positif yang nyata dalam hidup Anda.

Ada banyak olahraga ringan yang bisa Anda pilih jika ingin mulai mencoba hidup lebih sehat, misalnya jogging atau jalan kaki. Semakin rutin Anda berolahraga, semakin besar kegunaan yang didapat.

5. Kurangi kontak langsung dengan orang sakit

Jika ada teman atau anggota keluarga di rumah yang sedang sakit, ada baiknya Anda membatasi interaksi langsung dengan orang tersebut. Anda bisa meminta orang yang sakit untuk istirahat {dulu} sampai kondisinya pulih dan memakai masker sementara.

Anda juga sebaiknya tidak sering menyentuh mata, hidung, dan {mulut} dengan tangan dan langsung cuci apabila Anda harus merawat orang yang sakit {flu}.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close