fbpx
Tips Kesehatan

5 Resolusi Sehat di Tahun 2019 yang Mudah Dicapai

Sudahkah Kamu membuat resolusi tahun 2019? Apakah ada resolusi {untuk} kesehatan Kamu di tahun ini? Bila belum, yuk simak review berikut yang dapat Kamu jadikan inspirasi {untuk} hidup lebih sehat di tahun 2019, dan semoga seterusnya.

Advertisement

Inspirasi resolusi tahun 2019 {untuk} hidup yang lebih sehat dan bahagia

1. Memperbanyak minum air

Pastikan membiasakan minum air menjadi sebuah resolusi tahun 2019 Kamu. Air sangat penting {untuk} kesehatan {{tubuh}} Kamu — dari mengatur suhu {{tubuh}}, memelihara kesehatan ginjal dan usus, menjaga kesehatan kulit, sampai menangkal Kamu dari dehidrasi, sembelit, {{mulut}} kering, dan penyakit ginjal.

Advertisement

Kamu pasti sudah sering mendengar nasihat yang menekankan sesungguhnya kita perlu minum air putih sebanyak 8 gelas air setiap hari, yang setara dengan 1,5 liter. Akan tetapi, tahukah Kamu sesungguhnya takaran ini sebenarnya kurang tepat? Institute of Medicine’s Food and Nutrition Board menyatakan sesungguhnya wanita sebenarnya memerlukan 2,6 liter air setiap hari dan pria memerlukan sekitar 3,7 liter setiap hari.

Membiasakan diri {untuk} memperbanyak minum air putih dapat dilakukan dengan banyak cara. Contohnya, membawa botol minum sendiri dengan desain yang menarik hati, atau mengonsumsi makanan pedas yang pasti bikin Kamu ingin minum air.

Mendapatkan asupan cairan {{tubuh}} pun tak mesti melulu dari air putih, meski memang itu adalah pilihan terbaik Kamu. Jika Kamu tidak begitu suka dengan air putih, Kamu bisa menyiasatinya dengan minum infused water (air putih yang diberi “perasa” potongan buah dan sayur sampai rempah-rempah), minum sup kaldu ayam, sampai makan buah dan sayur-sayuran yang berisikan banyak air.

2. Mengunyah makanan pelan-pelan

Apapun yang Kamu makan tentu akan berdampak dengan kesehatan Kamu. Bila ingin hidup sehat, tentu Kamu harus mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi dan seimbang. Akan tetapi, pilih-pilih makanan sehat saja belum cukup {untuk} dijadikan resolusi tahun 2019 ini.

Nasihat orangtua supaya tidak boleh makan terlalu cepat ternyata sangat berguna {untuk} kesehatan Kamu, lho. Mengunyah makanan terlalu cepat bisa meningkatkan risiko diabetes sampai dua kali lebih besar daripada mereka yang mengunyah makanan pelan-pelan sampai lebih halus.

Secara {{umum}}, mengunyah makanan dengan perlahan akan lebih memberikan rasa kenyang daripada makan terburu-buru. Pasalnya, makan terlalu cepat dapat membuat sistem pencernaan tidak mempunyai waktu yang cukup {untuk} bekerja optimal, terutama dalam memberikan respon kenyang setelah makan. Semakin cepat Kamu merasa lapar, Kamu akan semakin rentan {untuk} mencari pelampiasan dengan camilan ringan yg tidak bergizi.

Selain itu, kajia penelitian yang dilakukan Masaki Eto, MD, seorang profesor farmakologi dan kedokteran di Universitas Ohu Jepang, menemukan sesungguhnya mengunyah makanan terlalu cepat ternyata membuat {{tubuh}} hanya sedikit melepaskan hormon glucagon-like peptide (GLP)-1 dan peptida YY (PYY). Keduanya berperan penting dalam pengaturan gula darah yang berkaitan erat dengan resistensi insulin.

3. Lebih banyak jalan kaki dan naik tangga

cara membasakan diri jalan kaki agar tubuh bugar 5 resolusi sehat di tahun 2019 yang mudah dicapai 5 Resolusi Sehat di Tahun 2019 yang Mudah Dicapai legs of young people walking up stairs youth generic data

Rutin olahraga adalah sebuah resolusi tahun baru yang populer dicanangkan banyak orang, yang sayangnya sering gugur di tengah jalan. Baiknya jangan muluk-muluk {untuk} memulai hidup aktif, apalagi jika Kamu belum pernah terbiasa sebelumnya.

Awali dengan membiasakan jalan kaki setidaknya 30 menit sehari — 10 menit sebelum bekerja (contohnya dari stasiun atau halte bus menuju kantor), 10 menit setelah makan siang, dan 10 menit setelah bekerja. Selain itu, memilih menaiki tangga daripada lift atau eskalator juga tanpa disadari bisa membantu membuat {{tubuh}} Kamu lebih bugar.

Perubahan kecil ini, menurut kardiolog John Hopkins, Chiadi E. Ndumele, M.D., M.H.S., dapat membuat {{tubuh}} tetap aktif meski Kamu tidak suka berolahraga, dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Jika Kamu sudah mulai terbiasa, barulah buat perencanaan olahraga yang lebih matang lagi.

4. Tidur lebih teratur

Mempunyai pola tidur yang lebih teratur dapat meningkatkan produktivitas dan kesehatan {{tubuh}} secara keseluruhan. Pasalnya, kurang tidur berisiko memicu kegemukan, diabetes, hipertensi, menurunkan gairah seks, memicu depresi, sampai membuat Kamu lebih rentan terkena penyakit jantung (termasuk serangan jantung dan stroke).

Idealnya, orang dewasa pada umumnya {{butuh}} tidur 7-8 jam setiap malam. Maka dari itu, mulailah dengan memperbaiki pola tidur Kamu lewat prinsip tidur bersih yang disebut dengan sleep hygiene. Yang perlu Kamu lakukan di antaranya adalah:

  • Kurangi mengonsumsi kafein di sore hari dan dekat waktu tidur.
  • Hindari merokok dekat waktu tidur
  • Hindari makan besar sebelum tidur. Makan makanan berat, makanan berlemak atau gorengan, hidangan pedas, buah sitrus, dan minuman berkarbonasi terlalu dekat dengan waktu tidur dapat memicu gangguan pencernaan yang bikin tidur tidak nyenyak.
  • Batasi waktu tidur siang. Ada baiknya tidur siang hanya 15-3o menit saja jika perlu, dan lakukan sebelum jam 3 sore.
  • Jauhkan diri Kamu dari apapun yang mengganggu. Cahaya lampu, ponsel, dan posisi bantal yang salah dapat menganggu tidur Kamu.
  • Buat kamar tidur Kamu menjadi tempat yang ideal {untuk} tidur. Pastikan kamar tidur Kamu adalah tempat yang gelap, sejuk, dan tenang. Suhu kamar ideal {untuk} tidur nyenyak adalah 20-23°C.
  • Luangkan waktu {untuk} persiapan tidur selama 90 menit sebelum waktu tidur Kamu. Contohnya, jika Kamu tahu Kamu harusnya tidur pukul 11 malam, hentikan apapun aktivitas fisik yang memberatkan pada pukul 9.30, atau lebih cepat jika bisa.
  • Tidur dan bangun di jam yang serupa, pasang alarm {untuk} membantu Kamu terbiasa dengan hal ini.

5. Mengurangi stres

Selain memerhatikan kesehatan {{tubuh}}, memelihara kesehatan mental juga sama pentingnya dijadikan sebuah resolusi tahun 2019. Semua orang pasti pernah dan akan mengalami stres dalam hidupnya. Namun, jangan biarkan stres berlarut-larut menumpuk dalam pikiran. Stres berat telah dikaitkan dengan banyak masalah serius, mulai dari rambut rontok, penyakit gusi dan gigi, kenaikan berat badan, sampai memicu perkembangan gangguan jiwa seperti depresi, gangguan kecemasan, sampai gangguan bipolar.

Ada berbagai cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengelola stres harian. Mulai dari meditasi, yoga, menulis jurnal, mendengarkan musik, membaca {{buku}}, sampai menonton komedi {untuk} membuat Kamu tertawa lepas. Bersyukur dan mendekatkan diri dengan Tuhan dapat dijadikan cara {untuk} mengelola stres sehari-hari.

Ingat, tidak ada kata telat {untuk} mulai hidup sehat! Masih ragu bagaimana cara memulai resolusi ini? Biar mudah diingat, yuk simak juga resolusi tahun 2019 di video berikut ini.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

ADBLOCK DETECTED