Tips Kesehatan

5 Resolusi Mudah untuk Hidup Lebih Sehat di Tahun 2019

Tahun 2019 sudah di depan mata. Kamu pastinya punya resolusi tahun baru yang ingin dicapai. Contohnya ingin menanjak tangga karier, traveling ke tempat-tempat baru, atau bahkan ingin hidup lebih sehat? Semua bisa tercapai, kok, asal ada tekad dan usaha yang kuat. Kira-kira, resolusi tahun baru seperti apa yang dapat bikin hidup jadi lebih sehat dan bahagia?

Resolusi tahun baru {untuk} hidup sehat dan bahagia

gaya hidup sehat untuk diabetes 5 resolusi mudah untuk hidup lebih sehat di tahun 2019 5 Resolusi Mudah untuk Hidup Lebih Sehat di Tahun 2019 png base64 iVBORw0KGgoAAAANSUhEUgAAAYYAAADcAQMAAABOLJSDAAAAA1BMVEUAAACnej3aAAAAAXRSTlMAQObYZgAAACJJREFUaIHtwTEBAAAAwqD1T20ND6AAAAAAAAAAAAAA4N8AKvgAAUFIrrEAAAAASUVORK5CYII

1. Diet sehat

Menjalani diet tidak melulu soal membatasi menu, porsi, dan waktu makan. Perlu Kamu ketahui sesungguhnya arti diet yang sebenarnya adalah pola makan yang menjadi kebiasaan dan gaya hidup.

Diet dikatakan sehat apabila Kamu bisa membiasakan makan makanan bergizi variasi dan seimbang. Hal ini tidak susah, kok. Kamu bisa memulainya dengan mengurangi makan gula dan menggantinya dengan makan buah sebagai camilan atau minum jus buah asli ketimbang minuman bersoda atau teh manis.

Kamu juga dapat mencoba masak sendiri di rumah {untuk} memastikan menu makan pagi, siang, dan malam Kamu lebih terjamin dari sisi kebersihan, kesegaran, dan nilai gizinya. Cari resep yang simpel dan mudah saja!

Jangan lupa {untuk} mulai menghindari makanan yang digoreng, makanan yang terlalu asin, makanan yang berlemak, minuman manis, dan minuman beralkohol.

2. Berhenti merokok

Rokok sudah terbukti dapat mengakibatkan banyak masalah kesehatan permanen, bahkan kematian, tapi sayangnya masih banyak saja yang merokok. Buktinya lebih dari 36,3% penduduk Indonesia kali ini adalah perokok aktif. Itu artinya lebih dari sepertiga total populasi orang Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Ayo, jadikan berhenti merokok sebagai bagian dari resolusi tahun baru Kamu supaya hidup lebih sehat! Meski berhenti merokok itu sulit bukan berarti mustahil. Coba mulai dengan mengganti bungkus rokok Kamu dengan bungkus permen karet. Begitu keinginan merokok muncul, segera kunyah permen Kamu.

Rajin-rajinlah juga sikat gigi. Selain buat mengusir bau {{mulut}} yg tidak sedap, Kamu tentu akan merasa sayang, kan, mengotori kembali {{mulut}} yang sudah bersih nan wangi?

Ada banyak cara lainnya {untuk} membantu Kamu berhenti merokok. Mulai dari trik-trik sederhana seperti di atas, dengan rutin olahraga, sampai minta bantuan dokter dan terapis berpengalaman. Yang penting, niat Anda kuat untuk setop merokok!

Baca juga tips-tips lainnya dari Hello Sehat berikut ini:

3. Tidur cukup

Banyak orang yang meremehkan pentingnya tidur cukup dan lebih memprioritaskan bekerja. Padahal, efek kurang tidur bagi kesehatan fisik dan psikologis Kamu tidak boleh disepelekan. Kurang tidur meningkatkan risiko obesitas, penyakit jantung, stroke, darah tinggi, sampai depresi. Menyeramkan, bukan?

Maka dari itu, apabila di tahun 2018 ini jam tidur Kamu berantakan, mulailah perbaiki di tahun 2019 ini. Ingat, setiap orang dewasa sehat setidaknya {{butuh}} tidur 7-8 jam setiap malam. Tidur nyenyak dan cukup sudah terbukti penting {untuk} menjaga kesehatan {{tubuh}} dari dalam.

{Untuk} memulainya, Kamu pertama-tama bisa coba:

  • Pasang alarm kapan Kamu harus pergi dan bangun tidur setiap hari. Idealnya, Kamu sudah harus tidur pukul kurang lebih pukul 11 malam dan bangun pukul 6 pagi supaya bisa dapat 7 jam tidur.
  • Jauhkan gawai dan peralatan elektronik dari kamar tidur.
  • Buat suasana kamar tidur dingin, gelap, dan nyaman.

Lebih lengkapnya, baca panduan sleep hygiene dari Hello Sehat. Coba lakukan rutin dalam 1 bulan pertama di tahun 2019 dan rasakan perubahannya.

4. Banyak air putih

Tidak semua orang suka minum air putih akibat rasanya yang tawar. Akan tetapi, air putih menyimpan segudang kegunaan buat kesehatan Kamu!

Maka jika Kamu selama 2018 lalu lebih suka ngopi atau minum minuman energi, sebaiknya mulai ubah kebiasaan tersebut di tahun 2019. Gula dalam minuman manis dapat mengakibatkan banyak masalah kesehatan.

Tips {untuk} minum cukup air putih setiap hari adalah membiasakan isi botol minum di malam hari dan taruh di dekat kasur supaya Kamu langsung bisa minum sebelum tidur dan setelah bangun pagi. Minumlah setidaknya 8 gelas air putih setiap hari dan setiap kali Kamu merasa haus.

5. {{Turun}} berat badan

{{Turun}} berat badan adalah resolusi tahun baru yang dikejar oleh hampir semua orang setiap kali pergantian tahun. Ini juga bukan hal yang mustahil.

Kamu bisa mulai dari keempat resolusi di atas yang ditambah dengan niat olahraga rutin 30 menit {untuk} 5 kali seminggu. Niscaya Kamu akan mendapatkan berat badan ideal di tahun 2019 ini.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

ADBLOCK DETECTED