Nurtisi Kita

5 Ragam Makanan Bergizi Tinggi Kalium untuk Tubuh

Sama seperti vitamin dan mineral {{tubuh}} lainnya, kalium adalah sebuah komponen mineral di dalam {{tubuh}} yang berfungsi {untuk} menjalankan berbagai hal. Sayangnya, {{tubuh}} tidak memproduksi kalium sendiri, melainkan “disumbangkan” dari berbagai makanan sumber kalium. Apa saja jenis makanan yang dapat membantu penuhi kebutuhan kalium di dalam {{tubuh}}?

Berbagai pilihan makanan sehat sumber kalium

Peran kalium di dalam {{tubuh}} tidaklah main-main. Mulai dari menjaga keseimbangan cairan, mengendalikan tekanan darah, sampai mendukung fungsi otot dan saraf. Itu sebabnya, penting {untuk} senantiasa memenuhi kebutuhan kalium {{tubuh}} melewati pilihan makanan seperti:

1. Bayam

makan bayam meningkatkan asam urat 5 Ragam Makanan Bergizi Tinggi Kalium untuk Tubuh 5 Ragam Makanan Bergizi Tinggi Kalium untuk Tubuh shutterstock 275793086 700x467

Sudah tidak diragukan lagi, bayam merupakan sebuah jenis sayuran bergizi yang menyimpan segudang vitamin dan mineral di dalamnya. Salah satunya adalah mineral kalium sebanyak 456,4 mg dalam 100 gram (gr) bayam mentah.

Bukan hanya itu, bayam juga dilengkapi dengan sejumlah vitamin A, vitamin K, serta antioksidan. Hal ini dibuktikan oleh sebuah kajia penelitian yang dimuat dalam Journal of Nutrition, sesungguhnya minum minuman yang berisikan 294 gr bayam dapat meningkatkan jumlah antioksidan sampai hampir 30 persen hanya dalam waktu 24 jam.

2. Bit manfaat buah bit 5 Ragam Makanan Bergizi Tinggi Kalium untuk Tubuh 5 Ragam Makanan Bergizi Tinggi Kalium untuk Tubuh Manfaat buah bit untuk kesehatan tubuh 700x467

Bit adalah tumbuhan dengan bentuk yang hampir menyerupai lobak akibat sama-sama mempunyai akar. Sayuran sebagai pemberi warna merah alami nan khas ini, merupakan sebuah sumber kalium yang baik akibat mengandung sekitar 404,9 mg dalam 100 gr beratnya.

Selain itu, sayur bit juga kaya akan mineral mangan, folat, serta antioksidan yang berasal dari pigmen pemberi warna merah alami. Kandungan kalium dan nitrat yang tinggi pada sayur bit ini berperan dalam melancarkan kerja pembuluh darah, tekanan darah tinggi, sampai mengurangi risiko penyakit jantung.

3. Kentang

cara menyimpan kentang 5 Ragam Makanan Bergizi Tinggi Kalium untuk Tubuh 5 Ragam Makanan Bergizi Tinggi Kalium untuk Tubuh cara menyimpan kentang 700x467

Kentang sudah lama dikenal sebagai sumber karbohidrat yang baik. Kabar baiknya, ternyata kentang juga tak kalah bergizi {untuk} membantu memenuhi kebutuhan kalium di dalam {{tubuh}}. Ini terbukti akibat dalam 100 gr kentang, mengandung sekitar 396 mg kalium di dalamnya.

Uniknya, meski sebagian besar sumber kalium pada kentang adanya di dalam dagingnya, tapi sekitar sepertiga sisanya terdapat pada kulit kentang. Itulah mengapa merupakan pilihan yang baik {untuk} mengolah dan makan kentang bersama dengan kulitnya tanpa dikupas diawal.

4. Alpukat

resep alpukat 5 Ragam Makanan Bergizi Tinggi Kalium untuk Tubuh 5 Ragam Makanan Bergizi Tinggi Kalium untuk Tubuh shutterstock 530718868 700x467

Alpukat adalah satu dari sekian banyak jenis buah yang unik akibat mempunyai daging berwarna hijau, yang dilengkapi dengan biji besar di dalamnya. Selain enak, buah alpukat juga sangat bergizi akibat mengandung banyak serat, antioksidan, vitamin C, vitamin K, asam folat, sampai lemak tak jenuh tunggal yang baik {untuk} menjaga fungsi jantung.

Tidak hanya sampai di situ, alpukat juga merupakan sebuah sumber kalium yang baik. Dibuktikan dengan ada sekitar 278 mg kalium dalam 100 gr buah alpukat. Mengingat tidak sedikit nutrisi yang ada di dalamnya, alpukat punya kegunaan baik bagi Kamu yang sedang menjaga berat badan ideal.

Hanya dengan melakukan diet alpukat secara telaten, nafsu makan Kamu akan lebih terjaga yang pada akhirnya membantu mencapai berat badan impian.

5. Pisang

manfaat pisang 5 Ragam Makanan Bergizi Tinggi Kalium untuk Tubuh 5 Ragam Makanan Bergizi Tinggi Kalium untuk Tubuh shutterstock 733072618 700x467

Mendengar namanya saja Kamu mungkin sudah bisa menebak sesungguhnya pisang merupakan sumber kalium yang cukup terkenal. Ini akibat dalam 100 gr buah pisang, dapat menyumbang sekitar 392 mg kalium bagi {{tubuh}}.

Selain itu, pisang juga kaya akan vitamin C, vitamin B6, mineral mangan, magnesium, serat, dan antioksidan. Bagi Kamu yang gemar makan pisang, mengolahnya menjadi berbagai sajian lezat dan menarik bisa jadi cara mampu {untuk} meningkatkan selera makan sekaligus menambah asupan kalium {untuk} {{tubuh}}.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close