Tips Kesehatan

5 Kunci Penting Menjaga Kandung Kemih Tetap Sehat Pada Wanita

Kamu mungkin sudah rajin menjaga kesehatan jantung, paru-paru, ginjal, dan organ {{tubuh}} bagian atas lainnya, akan tetapi bagaimana dengan organ {{tubuh}} bagian bawah seperti kandung kemih? Seringnya disepelekan, kandung kemih juga perlu dijaga kesehatannya! Terlebih bagi Kamu wanita, Kamu lebih mudah terkena infeksi saluran kencing daripada pria. Lalu, apa saja yang harus dilakukan para wanita {untuk} menjaga kesehatan kandung kemih? Intip rahasianya berikut ini.

Cara menjaga kesehatan kandung kemih bagi wanita

Sama seperti organ {{tubuh}} lainnya, Kamu juga wajib menjaga kesehatan kandung kemih. Sebab jika tidak, bakteri yang berhasil masuk ke uretra dapat menginfeksi saluran kencing. Bahkan jika tidak cepat-cepat ditangani, bakteri tersebut akan terus naik ke ginjal dan mengakibatkan infeksi.

Nah, supaya hal tersebut tidak terjadi, yuk jaga kesehatan kandung kemih sedini mungkin. Berikut caranya.

1. Hindari kebiasaan menahan buang air kecil

gejala endometriosis 5 Kunci Penting Menjaga Kandung Kemih Tetap Sehat Pada Wanita 5 Kunci Penting Menjaga Kandung Kemih Tetap Sehat Pada Wanita gejala endometriosis sering buang air kecil 700x467

Bila selama ini Kamu termasuk orang yang sering menahan buang air kecil, sebaiknya hentikan kebiasaan ini. Buang air kecil membantu Kamu {untuk} membuang bakteri, tapi jika Kamu menahannya, maka bakteri yang seharusnya dibuang akan kembali naik ke kandung kemih dan mengakibatkan infeksi.

Terlebih, wanita sangat rentan pada infeksi saluran kencing. Kondisi ini tentu akan semakit buruk kalau Kamu terus-terusan menahan kencing.

Setiap kali hasrat ingin buang air kecil muncul, cepatlah pergi ke kamar mandi dan keluarkan sampai tuntas. Perhatikan juga cara Kamu membersihkan organ intim, yaitu dari depan ke belakang. Hal ini bertujuan {untuk} menangkal perpindahan bakteri dari anus ke uretra yang dapat memicu infeksi saluran kencing.

2. Jaga berat badan

buah untuk menurunkan berat badan 5 Kunci Penting Menjaga Kandung Kemih Tetap Sehat Pada Wanita 5 Kunci Penting Menjaga Kandung Kemih Tetap Sehat Pada Wanita buah untuk menurunkan berat badan 700x467

Jill Maura Rabin, MD, seorang kepala uroginekologi di Long Island Jewish Medical Center di New York, menyebutkan sesungguhnya wanita dengan berat badan berlebih lebih berisiko mengalami inkontinensia urin (susah menahan kencing).

Semakin bertambah berat badan Kamu, maka timbunan lemak dalam {{tubuh}} akan terus menekan kandung kemih. Akibatnya, urin akan semakin terdesak dan membuat Kamu susah mengendalikan hasrat buang air kecil.

Oleh akibat itu, yuk, kendalikan berat badan Kamu mulai dari sekarang. Caranya dengan olahraga, memperbanyak makan sayur dan buah, serta memantau berat badan secara rutin. Semua cara ini bukan cuma bikin Kamu tetap bugar, tapi juga menangkal inkontinensia urin.

3. Hindari makanan asam

buah tinggi vitamin c 5 Kunci Penting Menjaga Kandung Kemih Tetap Sehat Pada Wanita 5 Kunci Penting Menjaga Kandung Kemih Tetap Sehat Pada Wanita buah tinggi vitamin C 700x467

Interstitial cystitis adalah gangguan kandung kemih kronis yang lebih {{umum}} dialami wanita daripada pria. Kamu biasanya akan merasakan sakit di bagian kandung kemih, merasa ingin buang air kecil terus-terusan, dan kadang sampai mengompol.

Gopal Badlani, MD, seorang dokter urologi di Wake Forest University Baptist Medical Center, menyebutkan sesungguhnya hal ini bisa disebabkan oleh makanan asam seperti tomat atau jus jeruk. Supaya kandung kemih tetap sehat, mulai sekarang batasi konsumsi makanan asam tersebut. Ini akan membantu menurunkan frekuensi buang air kecil yang berlebihan sekaligus menurunkan risiko penyakit kandung kemih.

4. Perbanyak minum air putih

5 Kunci Penting Menjaga Kandung Kemih Tetap Sehat Pada Wanita 5 Kunci Penting Menjaga Kandung Kemih Tetap Sehat Pada Wanita Manfaat Air Putih Untuk Kulit 700x467 1

Meskipun bikin Kamu bolak-balik ke kamar mandi, minum air putih dapat membantu membilas bakteri-bakteri yang bersemayam di kandung kemih. Semakin banyak bakteri yang terbuang bersama urine, maka kandung kemih Kamu pun akan semakin sehat dan terhindari dari infeksi.

Setiap kali Kamu kurang minum air putih, {{tubuh}} bukan cuma akan mengalami dehidrasi, tapi juga membuat urine jadi lebih pekat dan memicu sembelit. Kedua kondisi ini lambat laun akan mengiritasi kandung kemih dan memicu inkontinensia urin.

Maka itu, pastikan Kamu minum air putih minimal 8 gelas per hari. Bisa juga dengan makan sup atau minum jus {untuk} memenuhi kebutuhan cairan {{tubuh}} Kamu.

Namun, hindari minum alkohol, kopi, teh, soda, dan minuman berkafein lainnya, ya. Sebab, kafein dapat merangsang kontraksi kandung kemih secara berlebihan dan justru mengakibatkan kebocoran urin.

5. Senam Kegel

latihan kegel 5 Kunci Penting Menjaga Kandung Kemih Tetap Sehat Pada Wanita 5 Kunci Penting Menjaga Kandung Kemih Tetap Sehat Pada Wanita 45718626 ml 700x467

Rutin senam Kegel adalah sebuah cara menjaga kesehatan kandung kemih yang paling efektif. Gerakan senam ini memiliki banyak kegunaan, mulai dari menguatkan otot panggul yang menopang organ-organ di area tersebut, meningkatkan kontrol kandung kemih, dan menangkal inkontinensia urin.

Akan tetapi, pastikan Kamu melakukan senam Kegel dengan benar, ya! Seperti ini caranya:

  • Dengan posisi berbaring, kencangkan otot panggul bawah Kamu seperti saat menahan kencing. Tahan kontraksi ini selama 5 detik.
  • Rilekskan otot panggul Kamu selama 5 detik. Ulangi sebanyak 4-5 kali berturut-turut.
  • Kalau sudah mulai terbiasa, Kamu bisa menambah waktunya menjadi 10 detik atau lebih sesuai kemampuan Kamu.
Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close