fbpx
Fakta Unik Kesehatan

5 Kondisi Penyebab Kulit Wajah Merah (Berbahaya Apa Tidak?)

Pada saat Kamu melihat wajah berwarna kemerahan, segera pelajari penyebabnya. Wajah yang tiba-tiba  memerah bisa disebabkan akibat banyak hal dari yang ringan sampai cukup serius. Berikut berbagai penyebab wajah merah yang perlu Kamu ketahui.

Advertisement

Berbagai penyebab wajah merah yang perlu diwaspadai

sindrom Cushing 5 Kondisi Penyebab Kulit Wajah Merah (Berbahaya Apa Tidak?) 5 Kondisi Penyebab Kulit Wajah Merah (Berbahaya Apa Tidak?) bentuk wajah bulat tanda sindrom Cushing 700x467

Advertisement

1. Rosacea

Rosacea adalah kondisi kulit yang mengakibatkan kemerahan pada wajah. Tidak cumna itu, kondisi ini juga membuat pembuluh darah di wajah akan terlihat dan terkadang menimbulkan benjolan kecil, merah berisi nanah. Rosacea memang tidak dapat disembuhkan; tetapi beberapa perawatan yang tepat bisa membantu mengatasi kemerahan. Segera konsultasikan ke dokter jika Kamu mengalami masalah yang satu ini.

2. Dermatitis kontak

Dermatitis kontak adalah kondisi yang telah terjadi saat kulit terpapar benda atau zat yang memicu iritasi dan reaksi alergi. Biasanya, wajah menjadi sebuah bagian kulit yang rentan terkena dermatitis kontak seperti dari produk perawatan atau pewarna rambut. Ruam ini biasanya disertai keluhan gatal, kulit kering, sampai rasa nyeri. Kamu perlu berkonsultasi ke dokter jika ruam tersebut tidak kunjung sembuh.

3. Reaksi obat

Beberapa jenis obat bisa mengakibatkan reaksi kulit seperti terbakar matahari. Kondisi ini biasanya membuat kulit menjadi memerah secara tiba-tiba setelah Kamu minum atau menggunakan obat-obatan jenis tertentu. Krim hidrokortison (steroid) menjadi sebuah obat yang dapat membuat kulit wajah mengalami kemerahan.

Ruam yang disebabkan oleh krim hidrokortison biasanya akan hilang dengan sendirinya. Akan tetapi, jika tak juga hilang Kamu bisa mengonsultasikannya dengan dokter kulit.

4. Lupus

Lupus adalah penyakit autoimun yang telah terjadi akibat sistem kekebalan {{tubuh}} mengalami kekeliruan yang pada akhirnya menyerang sel {{tubuh}} yang sehat. Pada saat seseorang mengidap lupus, sistem imunnya biasanya akan menyerang berbagai organ di {{tubuh}} sampai membuat kemerahan dan pembengkakan pada kulit termasuk wajah.

Biasanya kemerahan pada wajah akibat lupus membentuk pola seperti kupu-kupu. Kondisi ini membutuhkan perawatan dari dokter {untuk} membantu meredakan gejala yang muncul.

5. Psoriasis

Psoriasis adalah kondisi saat kulit mengalami bercak merah keperakan yang bersisik dan terangkat. Psoriasis biasanya muncul di kulit kepala, wajah, siku, tangan, lutut, kaki, dada, punggung bawah, dan lipatan antara bokong. Akan tetapi, psoriasis dapat muncul di {{kuku}} tangan maupun kaki.

Psoriasis termasuk penyakit autoimun yg tidak dapat disembuhkan. Namun, jangan khawatir akibat biasanya berbagai perawatan baik dari dokter maupun rumahan bisa membantu meringankan masalah kulit yang satu ini.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

ADBLOCK DETECTED