Tips Kesehatan

5 Kiat Jitu Mengatasi Psoriasis yang Kambuh Akibat Cuaca Dingin

Psoriasis adalah peradangan kulit kronis yang dapat kambuh sewaktu-waktu, kadang muncul kadang hilang. Biasanya, psoriasis gampang kambuh jika Kamu stres atau makan makanan tertentu. Selain kedua hal tadi, kondisi cuaca yang dingin ternyata juga dapat memengaruhi kondisi Kamu juga. Lalu, bagaimana cara mengatasi psoriasis di musim dingin? Berikut ulasannya.

Cara mengatasi psoriasis di musim dingin

Ketika cuaca dingin, terjadi penurunan kelembapan dan suhu menjadi lebih dingin. Kondisi ini membuat kulit Kamu jadi lebih kering dan gejala psoriasis jadi makin memburuk.

Jangan panik {{dulu}}, berikut ini beberapa cara mengatasi psoriasis yang dapat Kamu lakukan di musim dingin.

1. Jangan digaruk

berhenti menggaruk kulit 5 Kiat Jitu Mengatasi Psoriasis yang Kambuh Akibat Cuaca Dingin 5 Kiat Jitu Mengatasi Psoriasis yang Kambuh Akibat Cuaca Dingin HS berhenti menggaruk 701x467 1

Banyak orang mengira sesungguhnya menggaruk kulit yang gatal adalah cara mengatasi psoriasis yang paling efektif. Padahal yang telah terjadi justru sebaliknya.

Menggaruk area kulit yang terkena psoriasis justru akan memicu infeksi pada kulit. Bahkan bagi sebagian orang, kebiasaan yang satu ini bisa menimbulkan lesi psoriasis baru.

Meski rasa gatalnya tak tertahankan, jangan sesekali menggaruk kulit. Tetap tenang dan atur pernapasan Kamu {untuk} meredakan gejalanya.

2. Pakai pelembap

5 Kiat Jitu Mengatasi Psoriasis yang Kambuh Akibat Cuaca Dingin 5 Kiat Jitu Mengatasi Psoriasis yang Kambuh Akibat Cuaca Dingin 02 Rules for People with Thin Hair conditioner 172762474 ixgrapher 760x506 701x467

Akibat cuaca dingin bikin kulit jadi kering, selalu siapkan losion pelembap. Losion ini bisa membantu mengunci kelembapan kulit dan menangkal psoriasis kambuh.

{Untuk} hasil terbaik, oleskan losion pelembap setelah mandi, cuci tangan, dan setiap kulit berasa kering. Semakin sering Kamu menggunakannya, maka gejala psoriasis pun dapat lebih mudah dikendalikan.

3. Pasang humidifier

cara membersihkan humidifier 5 Kiat Jitu Mengatasi Psoriasis yang Kambuh Akibat Cuaca Dingin 5 Kiat Jitu Mengatasi Psoriasis yang Kambuh Akibat Cuaca Dingin shutterstock 609102329 700x467

Sudah pakai pelembap tapi gejala psoriasis masih saja kambuh? Coba gunakan humidifier di dalam ruangan. Humidifier ini akan membuat udara di sekitar Kamu jadi lebih lembap dan menangkal kulit kering.

4. Hindari pakaian berbahan wol

hidung terasa dingin 5 Kiat Jitu Mengatasi Psoriasis yang Kambuh Akibat Cuaca Dingin 5 Kiat Jitu Mengatasi Psoriasis yang Kambuh Akibat Cuaca Dingin hidung terasa dingin 716x467

Selama musim dingin, Kamu mungkin mencari sweater berbahan wol tebal {untuk} menghangatkan {{tubuh}}. Namun bagi Kamu yang punya psoriasis, sebaiknya hindari jenis pakaian yang satu ini.

Serat wol justru dapat memicu rasa gatal pada kulit dan memperparah psoriasis. Akan tetapi jika Kamu memang harus memakai sweater wol tersebut, gunakan baju berbahan katun diawal sebelum pakai sweater. Hal ini akan melindungi kulit Kamu dari gatal akibat psoriasis sekaligus bikin {{tubuh}} jadi hangat.

5. Hangatkan {{tubuh}}

cuaca dingin 5 Kiat Jitu Mengatasi Psoriasis yang Kambuh Akibat Cuaca Dingin 5 Kiat Jitu Mengatasi Psoriasis yang Kambuh Akibat Cuaca Dingin manfaat cuaca dingin untuk kesehatan 702x467

Bukan cuma bikin kulit jadi gatal, sentuhan udara dingin dapat bikin semua sendi {{tubuh}} jadi sakit. {Untuk} mengatasinya, pastikan {{tubuh}} Kamu tetap hangat, baik di dalam maupun luar rumah.

Sebelum pergi ke luar rumah, pastikan Kamu selalu memakai syal, topi, sampai sarung tangan yang lembut. Lagi-lagi, pilihlah jenis pakaian yang berbahan katun daripada wol {untuk} melindungi kulit dari gesekan yang bisa memicu psoriasis kambuh.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close