fbpx
Kebugaran Jasmani

5 Jenis Olahraga Mampu untuk Membebaskan Kamu dari Stres

Aktivitas Kamu setiap hari tentu tidak lepas dari stres. Jika mampu diatasi, Kamu dapat menjalani hari tanpa rasa cemas maupun gelisah. Sebaliknya, jika Kamu tidak mampu mengatasi stres yang membebani pikiran, kualitas hidup akan menurun. Kamu sulit berpikir jernih, susah tidur, dan jadi tidak produktif saat bekerja. Supaya terbebas dari stres, Kamu bisa memulainya dengan olahraga. Kira-kira olahraga apa yang mampu mengurangi stres? Baca ulasannya berikut ini.

Advertisement

Benarkah olahraga mampu mengatasi stres?

Stres bisa memengaruhi kesehatan Kamu dari kaki sampai ujung rambut. Hampir 77 persen orang yang mengalami stres merasakan sakit kepala, insomnia, cemas, berat badan naik, nyeri otot, gangguan pencernaan, dan sulit konsenstrasi.

Advertisement

Menyingkirkan stres tanpa menyelesaikan akar permasalahannya memang sulit. Akan tetapi, mempelajari bagaimana Kamu menghadapi stres adalah cara terbaik untuk menekan beberapa gejala stres. Sebuah caranya dengan aktivitas fisik, seperti olahraga.

“Saat Kamu melakukan aktivitas fisik, {tubuh} Kamu memproduksi hormon endorfin. Hormon ini bekerja untuk melawan stres. Jadi, olahraga dapat membebaskan pikiran Kamu dari berbagai masalah,” ujar Frank Lupin, MS, pelatih atlet berlisensi di Coordinated Health, seperti dikutip dari Everyday Health.

Selain itu, gerakan badan juga membuat otot {tubuh} aktif bekerja yang pada akhirnya melancarkan peredaran darah. Ditambah dengan latihan pernapasan yang dilakukan sebelum atau sesudah olahraga, aktivitas fisik ini merangsang {tubuh} supaya lebih rileks.

Berbagai jenis olahraga yang mampu mengurangi stres

Berikut ada beberapa olahraga yang dapat meningkatkan stamina sekaligus mengusir stres dari pikiran Kamu, antara lain:

1. Jalan santai atau jalan cepat

manfaat jalan mundur 5 jenis olahraga ampuh untuk membebaskan anda dari stres 5 Jenis Olahraga Mampu untuk Membebaskan Kamu dari Stres manfaat jalan mundur 700x467

Berjalan adalah olahraga paling mudah dilakukan. Sangat cocok untuk dilakukan oleh Kamu bagi yang baru memulai aktivitas sehat ini sebagai kegiatan rutin. Baik itu jalan santai atau jalan cepat, gerakan kaki berulang ini bisa melepaskan ketegangan pada beberapa otot, menenangkan sistem saraf, dan juga melatih pernapasan Kamu jadi lebih baik.

Selain itu, jalan santai atau jalan cepat juga dapat memanjakan mata Kamu. Kamu bisa menikmati rindangnya pohon-pohon di taman yang langka Kamu lihat. Bahkan, bisa jadi waktu menyenangkan untuk dilakukan bersama keluarga, pasangan, atau pun teman.

Untuk memulainya, lakukan aktivitas ini setidaknya 10 menit setiap 2 kali seminggu. Setelah dua atau tiga ahad berikutnya, tingkatkan frekuensi dan durasi olahraga secara bertahap. Disarankan untuk melakukan jalan santai atau jalan cepat selama 30 menit setiap hari untuk mengelola stres.

2. Menari

5 jenis olahraga ampuh untuk membebaskan anda dari stres 5 Jenis Olahraga Mampu untuk Membebaskan Kamu dari Stres shutterstock 410678929 700x467

Menari meningkatkan kelincahan {tubuh} ketika bergerak. Itu artinya otot dalam {tubuh} harus menegang dan melakukan relaksasi. Selain itu, setiap gerakan juga meningkatkan detak jantung.

Kegunaan menari yang dapat mengurangi stres adalah tumbuhnya kontak dan hubungan dengan orang lain. Misalnya ketika Kamu berusaha menyamakan ritme tarian supaya tetap kompak. Semua itu akan mengalihkan pikiran Kamu dari berbagai masalah. Otak akan kembali fresh, dan Kamu dapat kembali berpikir jernih.

3. Yoga

yoga untuk menurunkan berat badan 5 jenis olahraga ampuh untuk membebaskan anda dari stres 5 Jenis Olahraga Mampu untuk Membebaskan Kamu dari Stres yoga untuk 700x467

Berbagai postur yoga yang menyebabkan {tubuh} jadi lebih lentur ternyata mampu mengurangi ketegang otot. Latihan memusatkan pikiran melewati pernapasan dalam dapat memicu respons relaksasi {tubuh} dan menjadi kunci untuk mengelola stres.

Kamu bisa melakukan yoga sendiri di rumah dengan panduan dari video atau mengikuti kelas yoga khusus pemula yang dipandu oleh pelatih yoga. Beberapa kelas yoga yang dapat Kamu pilih untuk mengurangi stres antara lain hatha, ashtangam vinyasa, atau bikram.

4. Tai chi

olahraga terbaik untuk penyakit jantung 5 jenis olahraga ampuh untuk membebaskan anda dari stres 5 Jenis Olahraga Mampu untuk Membebaskan Kamu dari Stres d3de08efe569d381c51cf6dd5e73bd61 701x467

Tai chi, sebuah bela diri asal Tiongkok ini bukan hanya mengandalkan gerakan {tubuh}. Konsentrasi juga harus ditingkatkan dalam setiap gerakan. Olahraga ini meningkatkan kelenturan {tubuh} dan meningkatkan stamina.

Jika olahraga ini dikombinasikan dengan tidur cukup dan tepat waktu, kesehatan jiwa Kamu akan membaik. Gejala stres yang Kamu rasakan akan berkurang.

5. Tenis

5 jenis olahraga ampuh untuk membebaskan anda dari stres 5 Jenis Olahraga Mampu untuk Membebaskan Kamu dari Stres DSC 2641 703x467
Sumber: Prischew

Olahraga tenis harus dimainkan berpasangan, yang pada akhirnya Kamu pun membangun ikatan dengan orang lain. Olahraga ini membutuhkan gerak {tubuh} serta konsentrasi tinggi.

Setiap Kamu mendapatkan poin, perasaan puas dan bangga bisa mengurangi stres yang membebani. Selain itu, olahraga ini juga sehat untuk jantung dan dapat menjaga tekanan darah tetap normal.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

ADBLOCK DETECTED