fbpx
Tips Kesehatan

5 Bahan Alami yang Bisa Dipakai untuk Menyembuhkan Infeksi Jamur Penis

Bukan hanya wanita yang dapat terkena infeksi jamur vagina, hal ini juga dapat terjadi pada penis pria. Sama seperti infeksi jamur pada umumnya, infeksi jamur pada penis pun harus segera diobati. Jika tidak, gejala yang muncul bisa semakit buruk.

Advertisement

Umumnya, pria yang memiliki infeksi jamur pada penis dianjurkan minum obat oral atau mengoleskan salep antijamur. Selain itu, ternyata ada beberapa bahan alami yang digadang-gadang mampu meredakan gejala infeksi jamur penis. Apa saja, ya?

Advertisement

Cara mengatasi infeksi jamur pada penis

Infeksi jamur pada penis biasanya ditandai dengan ruam kemerahan, yang kadang disertai dengan bintik putih. Selanjutnya, Kamu akan merasakan gatal, nyeri, perih, serta rasa terbakar pada penis.

Kalau sudah seperti ini, jangan tunda lagi untuk menyembuhkan infeksi jamur penis. Selain menggunakan obat-obatan dari dokter atau yang dijual bebas, Kamu bisa mempercepat proses penyembuhan dengan mengobatinya pakai bahan alami. Berikut beberapa yang dapat dicoba:

1. Yogurt

5 bahan alami yang bisa dipakai untuk menyembuhkan infeksi jamur penis 5 Bahan Alami yang Bisa Dipakai untuk Menyembuhkan Infeksi Jamur Penis shutterstock 161872427 703x467

Yogurt telah lama dikenal sebagai probiotik alami yang bagus untuk memperbanyak jumlah bakteri baik di dalam {tubuh}, seperti di usus, saluran kemih, serta area vital Kamu.

Bakteri Lactobacillus yang terdapat di dalam yogurt akan memicu perkembangan bakteri baik yang pada akhirnya membantu memerangi infeksi jamur (Candida) pada penis sekaligus mengembalikan keseimbangan bakteri-bakteri di dalamnya.

Sebuah kajia penelitian yang dimuat dalam Journal of Antimicrobial Chemotherapy di tahun 2006, menemukan sesungguhnya probiotik dipercaya dapat mengurangi jumlah jamur atau ragi penyebab infeksi pada alat kelamin wanita. Meski belum ada kajia penelitian lebih lanjut membahas efek probiotik pada infeksi di penis, tapi diharapkan yogurt dapat memberikan efek yang serupa ketika probiotik mampu mengatasi infeksi jamur vagina.

Tertarik untuk mencobanya? Caranya mudah, kok. Kamu bisa mengonsumsi plain yogurt, maupun mengoleskannya secara langsung pada ke seluruh area penis.

2. Minyak pohon teh

tea tree oil 5 bahan alami yang bisa dipakai untuk menyembuhkan infeksi jamur penis 5 Bahan Alami yang Bisa Dipakai untuk Menyembuhkan Infeksi Jamur Penis Berbagai Manfaat Tea Tree Oil untuk Kesehatan 700x467

Sudah menjadi rahasia {umum} sesungguhnya minyak pohon teh alias tea tree oil dyakini dapat meredakan gejala infeksi jamur penis akibat sifat antiperadangannya. Sebelum menggunakannya, sebaiknya campurkan minyak pohon teh bersama minyak pelarut (pembawa) diawal seperti minyak zaitun, minyak argan, minyak kelapa, minyak jojoba, dan lainnya.

3. Minyak kelapa

minyak kelapa dalam makanan 5 bahan alami yang bisa dipakai untuk menyembuhkan infeksi jamur penis 5 Bahan Alami yang Bisa Dipakai untuk Menyembuhkan Infeksi Jamur Penis minyak kelapa 700x467

Sebuah kajia penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Medicinal Food, menemukan sesungguhnya minyak kelapa bisa mengurangi serangan jamur Candida albicans. Berbeda dengan minyak pohon teh yang harus digunakan bersama dengan minyak pembawa, minyak kelapa adalah minyak pembawa yang pada akhirnya aman dioleskan langsung.

4. Cuka apel

mitos cuka apel 5 bahan alami yang bisa dipakai untuk menyembuhkan infeksi jamur penis 5 Bahan Alami yang Bisa Dipakai untuk Menyembuhkan Infeksi Jamur Penis mitos cuka apel 700x467

Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan herbal alami yang satu ini. Cuka apel memiliki kandungan antijamur yang pada akhirnya bisa membantu mengatasi spesies jamur Candida yang jadi penyebab infeksi penis. Baunya memang tidak sedap, tapi jangan khawatir akibat bau khas cuka apel akan menguap dengan sendirinya.

Alangkah lebih baik bila Kamu mencampurkan cuka apel dengan air matang sebelum digunakan langsung pada penis.

5. Bawang putih

makan bawang putih 5 bahan alami yang bisa dipakai untuk menyembuhkan infeksi jamur penis 5 Bahan Alami yang Bisa Dipakai untuk Menyembuhkan Infeksi Jamur Penis shutterstock 282081980 700x467

Bukan hanya dapat dipakai untuk {bumbu} dapur saja, nyatanya bawang putih dengan kandungan antijamur dan antibakterinya bisa membantu mengatasi infeksi jamur di alat kelamin. Termasuk pada penis.

Akan tetapi, sedikit berbeda dengan penggunaan bahan alami lainnya yang dioleskan langsung pada penis, bawang putih justru dapat menimbulkan sensasi panas dan perih bila digunakan secara langsung.

Maka itu, cara amannya adalah dengan memperbanyak bawang putih dalam konsumsi harian Kamu. Baik itu dimakan langsung ataupun diolah bersama lauk pauk dan sayur. Selain itu, ada krim khusus untuk menyembuhkan infeksi jamur di alat kelamin yang telah dilengkapi dengan kandungan bawang putih serta bahan alami lainnya.

Hati-hati, kemungkinan risiko efek samping

Meski dinilai punya kegunaan yang baik, tapi Kamu tetap diharuskan untuk berhati-hati saat menggunakan bahan-bahan alami ini. Sebab dalam sebagian kasus, bahan alami bisa menimbulkan efek samping ketika dipakai di organ vital. Terlebih akibat kulit penis tergolong sensitif.

Langkah amannya, sebaiknya pencobaan cobakan bahan alami tersebut di sebuah area {tubuh} {dulu}. Jika dalam 12-24 jam tidak menimbulkan reaksi apa pun, Kamu boleh menggunakannya di area kelamin, tapi tetap dalam pengawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

ADBLOCK DETECTED