Tips Kesehatan

4 Tips Mampu Supaya Tidur Lebih Nyenyak Meski Sedang Sakit Pinggang

Sakit pinggang memang menyiksa. Apalagi gejalanya yang kerap memburuk di malam hari membuat Kamu sulit {untuk} tidur. Jangan putus asa, Kamu tetap bisa istirahat dengan nyaman saat sakit pinggang. Berikut tipsnya.

Tips tidur nyenyak saat sakit pinggang

Sakit pinggang atau sering juga disebut sakit punggung bawah adalah rasa nyeri yang sangat menusuk persis di atas bokong. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh tekanan akibat postur {{tubuh}} yang tidak baik, sedang haid, dan berbagai kebiasaan buruk yang berkaitan dengan gaya hidup. Supaya bisa tetap beristirahat saat sakit pinggang, Kamu bisa melakukan beberapa hal berikut, seperti:

1. {{Atur}} posisi tidur

posisi tidur  4 Tips Mampu Supaya Tidur Lebih Nyenyak Meski Sedang Sakit Pinggang posisi tidur 718x467
Sumber: MedyLife

Bagi orang sehat, tidur dalam berbagai posisi tak akan jadi masalah. Akan tetapi, beda ceritanya pada orang yang merasakan rasa sakit pada pinggangnya, terutama di bagian belakang. Sebuah cara mampu {untuk} meredakan rasa sakit ini dengan memastikan sesungguhnya tekanan yang diberikan pada {{tubuh}} bagian belakang merata.

Oleh karena itu, Kamu perlu menjaga lekukan alami tulang belakang pada saat berbaring di kasur. Pastikan sesungguhnya kepala, bahu, pinggul, sampai bokong berada dalam posisi sejajar. Biasanya, telentang menjadi posisi tidur paling cocok {untuk} Kamu yang mengalami sakit pinggang.

Berikut beberapa posisi tidur yang dapat Kamu coba saat sakit pinggang, yaitu:

  • Posisi telentang dengan bantal {untuk} mengganjal lutut.
  • Posisi telentang dengan posisi menyandar dan berbaring.
  • Posisi menyamping dengan bantal atau guling di antara kedua lutut.
  • Posisi meringkuk seperti janin.

Carilah posisi yang paling nyaman {untuk} Kamu. Akan tetapi, jika terbiasa tidur tengkurap, Kamu bisa menaruh bantal tipis di bawah perut dan pinggul supaya tulang belakang tetap dalam posisi sejajar.

2. Memilih bantal yang tepat

jemur bantal guling buat apa  4 Tips Mampu Supaya Tidur Lebih Nyenyak Meski Sedang Sakit Pinggang jemur bantal guling buat apa 701x467 1

Bantal membantu menjaga postur alami leher dan membantu menopang tulang belakang. Oleh karena itu, Kamu perlu memilih bantal yang tepat dan nyaman {untuk} tidur. Jangan menggunakan bantal yang terlalu tinggi atau keras akibat bisa membuat leher dan pinggang berasa semakin sakit.

Saat Kamu lebih nyaman tidur telentang, sebaiknya gunakan bantal yang tipis. Pasalnya, mengangkat kepala terlalu banyak bisa membuat leher dan punggung tegang. Akan tetapi, jika Kamu lebih nyaman tidur dengan posisi miring gunakan bantal yang lebih tebal.

Letakkan bantal di bawah kepala dan leher, bukan di bahu. Selain itu, Kamu juga perlu mengganti bantal setiap 12 sampai 18 bulan sekali supaya tetap bisa memberikan topangan yang maksimal.

3. Memilih kasur yang tepat dan rutin menggantinya

bahaya membereskan tempat tidur  4 Tips Mampu Supaya Tidur Lebih Nyenyak Meski Sedang Sakit Pinggang bahaya membereskan tempat tidur di pagi hari 701x467

Meski terkesan sepele, kasur berperan penting {untuk} menentukan kenyamanan saat tidur. Dilansir dari Healthline, dokter biasanya akan merekomendasikan kasur ortopedi {untuk} orang-orang yang mengalami sakit pinggang belakang atau punggung bawah. Terutama jika Kamu mempunyai sakit punggung bawah yang berkepanjangan.

Kamu juga dapat memilih kasur yang dibikin dengan busa berkualitas baik. Usahakan {untuk} tidak menggunakan kasur yang terlalu empuk sampai membuat Kamu tenggelam terlalu dalam. Hal ini justru bisa membuat sendi dan tulang belakang menjadi tidak sejajar dan memperparah rasa sakit.

Setelah menemukan kasur yang tepat, Kamu juga disarankan {untuk} menggantinya setiap 10 tahun sekali. Pasalnya, kasur yang sudah terlalu lama akan mengalami kerusakan di bagian per. Akibatnya, kasur tak lagi bisa menopang {{tubuh}} dengan sejajar saat tidur.

4. Menerapkan kebiasaan tidur yang tepat

tidur terlalu cepat  4 Tips Mampu Supaya Tidur Lebih Nyenyak Meski Sedang Sakit Pinggang tidur terlalu cepat 700x467

Dikarenakan nyeri punggung bisa mengganggu tidur, Kamu tidak disarankan {untuk} begadang. Sebaliknya, usahakan {untuk} membuat jadwal tidur yang konsisten setiap malamnya. Contohnya Kamu sering susah tidur; maka berbaringlah lebih awal dari biasanya.

Dengan begitu, Kamu mempunyai waktu ekstra {untuk} terlelap dan tetap bisa mendapatkan jam tidur yang cukup tanpa perlu begadang.

Selain itu, Kamu juga perlu menghindari berbagai kebiasaan seperti:

  • Minum kafein di malam atau sore hari.
  • Olahraga di jam menjelang tidur.
  • Memainkan gawai (gadget) sambil menunggu terlelap.

Justru yang perlu dilakukan yaitu bersantai dengan membaca {{buku}}, mandi air hangat, mendengarkan musik, atau melakukan peregangan lembut. Kamu bisa menciptakan suasana santai dengan meredupkan lampu kamar tanpa menyalakan gawai.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close