fbpx
Fakta Unik Kesehatan

4 Penyebab Mata Gatal yang Membuat Kamu Terus-terusan Mengucek Mata

Mengucek mata adalah kebiasaan yang sering dilakukan ketika mata berasa gatal. Mulai dari anak kecil maupun lansia kalau mata gatal pasti refleks mengucek mata. Akan tetapi, apa sebenarnya penyebab mata gatal yang menyebabkan orang jadi ingin mengucek mata terus? Simak review di bawah ini.

Advertisement

1. Konjungtivitis alergi

alergi konjungtivitis mata merah 4 penyebab mata gatal yang bikin anda terus-terusan mengucek mata 4 Penyebab Mata Gatal yang Membuat Kamu Terus-terusan Mengucek Mata alergi konjungtivitis mata merah 702x467

Advertisement

Konjungtivitis alergi adalah peradangan mata yang disebabkan oleh reaksi alergi pada zat-zat seperti serbuk sari, spora jamur yang dapat terbang terbawa angin. Konjungtiva sendiri sebenarnya adalah lapisan yang membungkus bola mata. Konjungtiva rentan pada iritasi dan cukup {umum} terjadi.

Ada dua jenis konjungtivis alergi yang dapat terjadi, yakni konjungtivis alergi akut dan kronis. Konjungtivis alergi akut adalah kondisi yang paling {umum}. Gejalanya kelopak mata tiba-tiba berasa gatal dan perih seperti terbakar. Akan tetapi, terkadang diikuti dengan hidung berair seperti saat Kamu akan pilek. Reaksi alergi ini terjadi hanya sebentar.

Sedangkan, konjungtivitis kronis lebih langka terjadi. Alergi jenis ini bisa terjadi sepanjang tahun terus-terusan. Alergi kronis merupakan respons {tubuh} pada alergen seperti makanan, debu, {bulu} binatang. Gejala utamanya alergi jenis ini adalah mata berasa seperti terbakar sangat gatal.

Kedua jenis alergi ini bisa terjadi pada siapa saja dari anak-anak sampai orang dewasa. Penyebab mata gatal akibat alergi ini bisa berbeda-beda pada setiap orang. Misalnya debu di rumah, serbuk sari, spora jamur, {bulu} bintang, atau aroma zat-zat kimia.

Ketika masuk dalam {tubuh}, pemicu tersebut langsung dilawan sistem imun. Sistem imun mengeluarkan histamin, zat kimia yang bertugas melawan zat asing. Yang ada, sebuah efeknya di mata menjadi gatal.

2. Mata kering

vitamin untuk mata kering 4 penyebab mata gatal yang bikin anda terus-terusan mengucek mata 4 Penyebab Mata Gatal yang Membuat Kamu Terus-terusan Mengucek Mata ThinkstockPhotos 121318811 701x467

Mata kering adalah kondisi saat mata tidak memproduksi cukup air mata. Jika mata tidak cukup menghasilkan air mata, ini akan sangat mengganggu penglihatan, mata berasa perih, gatal atau seperti ada yang mengganjal, dan memerah.

Kamu perlu mengatasi mata kering ini jika ingin menghilangkan mata yang gatal. Sebenarnya mata kering ini bukan hanya akibat sedikitnya jumlah air mata yang dibuat. Bisa juga terjadi akibat kualitas air mata yang dihasilkan kurang baik.

Seharusnya komponen campuran dalam air mata yaitu air, minyak, dan mukus (lendir) yang seimbang. Akan tetapi, akibat ada masalah di kelenjar penghasil minyak, yang pada akhirnya kualitas air mata yang dihasilkan berbeda. Beberapa obat dapat memicu terjadinya mata kering, yang lama-lama bisa membuat mata gatal semakit buruk.

Dari kebiasaan dapat membuat mata jadi kering, contohnya kebiasaan merokok. Kebiasaan ini bukan hanya berdampak pada sistem pernapasan, tetapi juga pada mata. Mata kering yang semakin gatal, memerah, dan tidak kunjung sembuh sebaiknya segera dibawa ke dokter.

3. Peradangan kelopak mata

blefaritis 4 penyebab mata gatal yang bikin anda terus-terusan mengucek mata 4 Penyebab Mata Gatal yang Membuat Kamu Terus-terusan Mengucek Mata blepharitis

Blepharitis adalah kondisi meradangnya kelopak mata. Peradangan kelopak mata ini bisa terjadi ketika kelenjar minyak kecil yang ada di dasar {bulu} mata tersumbat. Kondisi ini membuat mata jadi mudah teriritasi dan kelopak mata membengkak.

Gejala yang akan muncul pada kondisi ini adalah mata gatal, mulai dari area kelopak mata dan mata secara keseluruhan, mata berair, mata memerah, dan mata jadi sensitif pada cahaya silau.

4. Penggunaan lensa kontak

tidur memakai lensa kontak 4 penyebab mata gatal yang bikin anda terus-terusan mengucek mata 4 Penyebab Mata Gatal yang Membuat Kamu Terus-terusan Mengucek Mata tidur memakai lensa kontak 700x467
Menggunakan lensa kontak juga dapat jadi penyebab mata gatal yang yang menyiksa. Jika Kamu menggunakan lensa kontak terlalu lama atau terlalu  langka mengganti lensa tersebut, nanti akhirnya mata jadi gatal.

Sebagian orang juga ada yang merasa alergi pada cairan lensa kontak, yang pada akhirnya Kamu harus memahami kandungan mana saja yang aman untuk mata Kamu dan yang berbahaya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

ADBLOCK DETECTED