Kebugaran Jasmani

4 Kegunaan Yoga untuk Diabetesi yang Sayang Jika Dilewatkan

Gaya hidup sehat adalah sebuah fondasi penting bagi perawatan diabetes. Nah jika Kamu mempunyai diabetes, sebuah aspek yang harus Kamu terapkan selama menjalani gaya hidup sehat adalah rutin berolahraga. Akan tetapi, tidak semua jenis olahraga itu cocok dan aman dilakukan para diabetesi (orang dengan penyakit diabetes). Bagi Kamu yang masih bingung memilih olahraga apa yang aman, yoga bisa jadi plihannya. Yuk, ketahui kegunaan yoga {untuk} diabetes berikut ini.

Kegunaan yoga {untuk} diabetes

Penyakit diabetes membuat insulin yaitu hormon yang mengatur kadar gula dalam darah, tidak bekerja dengan normal. Bila dibiarkan, gula darah akan semakin penumpuk menimbulkan gejala yang parah dan komplikasi. Nah, oleh karena itu para diabetesi perlu menjaga kadar gula darahnya tetap normal, salah satunya dengan cara olahraga.

Selain jogging, senam, atau bersepeda santai, diabetesi bisa menjajal yoga sebagai latihan fisik rutin. Beberapa kegunaan yoga {untuk} diabetes, antara lain:

1. Menurunkan stres

Supaya gejala diabetes tidak sering kambuh dan semakit buruk, Kamu perlu mengurangi stres. Penyakit apa pun itu akan semakin bertambah parah jika stres terus saja muncul.

Sama seperti olahraga lainnya, yoga dapat merangsang pelepasan hormon (endorfin) yang bisa membuat suasana hati jadi lebih baik dan mengurangi tingkat stres.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Penyakit diabetes rentan dengan penyakit jantung. Gerakan, latihan pernapasan, dan latihan kefokusan dari yoga bisa mengurangi stres, mengendalikan tekanan darah, dan kadar kolesterol dalam {{tubuh}}. Semua kegunaan tersebut tentu akan meningkatkan kesehatan jantung. Itu artinya, risiko penyakit jantung pada diabetesi akan menurun.

3. Mengendalikan berat badan

Menjaga berat badan tetap ideal merupakan bagian dari misi diebetesi supaya tubuhnya tetap sehat. Setiap gerakan yoga dapat membakar energi yang pada akhirnya bisa mengendalikan berat badan.

4. Meningkatkan kebugaran jasmani dan keseimbangan {{tubuh}}

Yoga melatih koneksi antara pikiran, pernapasan, dan gerak {{tubuh}} yang {{butuh}} konsentrasi tinggi. Hal ini bisa mengurangi kecemasan dan stres yang pada akhirnya meningkatkan kesehatan jiwa. Selain itu berbagai pose yoga juga meningkatkan kekuatan otot, fleksibilitas, dan keseimbangan {{tubuh}}.

Keseimbangan {{tubuh}} yang baik menurunkan risiko terjatuh dan cedera. Diabetesi harus menghindari luka akibat proses penyembuhannya membutuhkan waktu yang cukup lama.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close