Fakta Unik Kesehatan

4 Kegunaan Menakjubkan Minyak Serai untuk Kesehatan

Serai atau sereh tidak hanya bisa dipakai {untuk} {{bumbu}} penyedap masakan. Pada saat diolah dan dikemas sebagai minyak esensial, minyak serai ternyata mempunyai kegunaan tersembunyi {untuk} kesehatan. Apa saja kegunaan minyak serai yang dapat Kamu dapatkan?

Kegunaan minyak serai {untuk} kesehatan

manfaat minyak sereh  4 Kegunaan Menakjubkan Minyak Serai untuk Kesehatan shutterstock 142459780 705x467

1. {Untuk} obat anti ketombe

Kegunaan minyak sereh yang pertama adalah dapat membantu mengatasi ketombe. Menurut sebuah studi di Thailand tahun 2015, minyak serai bisa dijadikan tonik rambut.

Dalam kajia penelitian tersebut, peserta kajia penelitian menggunakan tonik rambut yang berisikan minyak esensial serai (Cymbopogon flexuosus) sebanyak dua kali sehari selama 14 hari.

Pada akhir kajia penelitian, jumlah ketombe tampak berkurang secara drastis setelah rambut dioleskan minyak esensial serai.

2. {Untuk} obat jamur kulit

Beberapa kajia penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of  Nanomedicine pada tahun 2015 menunjukkan minyak serai terbukti membantu menghambat pertumbuhan jamur tertentu, khususnya Candida albicans yang jadi penyebab infeksi ragi.

Akan tetapi sayang, kajia penelitian dan pencobaan klinis yang menguji minyak ekstrak serai {untuk} menyembuhkan segala jenis infeksi jamur masih sangat kurang. Jadi hanya jamur candida saja yang sejauh ini bisa dicoba {untuk} menyembuhkan candidiasis.

3. Sebagai aromaterapi {untuk} meredakan rasa cemas

Ada bukti terbatas yang menyatakan sesungguhnya kegunaan minyak serai yang dijadikan aromaterapi dapat mengurangi kecemasan.

Studi ini diterbitkan dari Journal of Alternative and Complementary Medicine yang menunjukkan sesungguhnya mencium aromaterapi minyak serai sedikit saja dapat meringankan rasa cemas.
Peserta dalam kajia penelitian tersebut dibagi kelompok, ada yang menghirup minyak serai (tiga atau enam tetes) ada juga yang menghirup minyak pohon teh (tiga tetes).

Segera setelah dihirup, para peserta kajia penelitian  studi dilakukan pencobaan lagi. Hasilnya, peserta yang menghirup minyak serai mengalami kadar cemas dan ketegangan yang menurun dibandingkan peserta yang menghirup minyak pohon teh.

4. Pewangi alami

Kegunaan minyak serai lainnya adalah dapat menjadi pewangi alami. Kamu dapat mengakibatkan minyak esensial lainnya, seperti minyak lavender atau minyak pohon teh, atau ditambah minyak esensial lain {untuk}  parfum Kamu sendiri.

Selain itu, Kamu dapat membersihkan piring atau panci yang berlemak menggunakan minyak serai.

Perhatikan hal berikut ini sebelum pakai minyak serai

Minyak serai hanya boleh digunakan {untuk} pemakaian luar, tidak boleh dikonsumsi.  Ini akibat minyak serai mempunyai efek toksik. Selain itu, sebagian orang mungkin mengalami iritasi saat mengoleskan minyak esensial serai ke kulit.

Maka Kamu harus melakukan tes ke kulit {{dulu}} sebelum pakai minyak serai. Jangan digunakan di area mata atau di area {{tubuh}} Kamu yang sensitif lainnya, seperti kelamin.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close