fbpx
Tips Kesehatan

4 Kiat Mampu Mengatasi Mata Kering Sekaligus Sensitif Dengan Cahaya

Mata kering membuat mata berasa perih dan panas, terlihat merah, bahkan pandangan sering kali kabur. Selain itu, mata juga jadi sangat sensitif dengan cahaya. Kondisi ini sering disebut dengan fotofobia. Kombinasi antara mata kering dan fotofobia pasti sangat mengganggu aktivitas. Lalu, adakah cara {untuk} mengatasi mata kering dan sensitif dengan cahaya seperti ini? Simak ulasannya berikut ini dan temukan cara yang tepat {untuk} meringankan kondisi Kamu.

Advertisement

Cara mengatasi mata kering dan sensitif pada cahaya

Sebuah penyebab mata jadi sangat sensitif dengan cahaya adalah mata kering. Oleh akibat itu, mata kering kerap kali terjadi bersamaan dengan fotofobia. Kondisi ini membuat rasa perih, panas, dan migrain saat berada di ruangan dengan cahaya yang cukup terang. Jika Kamu mengalami gejala tersebut, jangan ragu {untuk} menemui dokter. Perawatan dari dokter lebih baik dilakukan dibanding Kamu berusaha cara ini dan itu yang belum terbukti mampu.

Advertisement

Beberapa cara yang dapat Kamu lakukan {untuk} merawat sekaligus mengatasi mata kering dan sensitif, antara lain:

1. Gunakan obat sesuai resep dokter

Cyclopentolate adalah 4 Kiat Mampu Mengatasi Mata Kering Sekaligus Sensitif Dengan Cahaya 4 Kiat Mampu Mengatasi Mata Kering Sekaligus Sensitif Dengan Cahaya shutterstock 626461436 699x467

Mata adalah indra yang sangat sensitif. Jangankan kemasukan debu kecil, tidak sengaja kecipratan air secara saat mandi saja bisa membuat mata merah dan perih. Oleh akibat itu, jika Kamu punya masalah pada mata, jangan sembarangan menggunakan obat tetes mata yang dijual bebas di warung atau apotek. Kamu perlu tahu jika obat tetes mata mempunyai banyak jenis dengan fungsi yang beragam.

Lebih baik gunakan obat yang memang direkomendasikan dokter. {Untuk} mata kering dan sensitif dengan cahaya, obat yang biasanya diresepkan, meliputi:

  • obat antiradang,
  • obat tetes air mata,
  • obat yang merangsang produksi air mata, atau
  • sisipan mata yang bisa melepaskan air mata buatan seiring waktu.

2. Perhatikan penggunaan kacamata dan aturan pencahayaan ruangan

kacamata hitam 4 Kiat Mampu Mengatasi Mata Kering Sekaligus Sensitif Dengan Cahaya 4 Kiat Mampu Mengatasi Mata Kering Sekaligus Sensitif Dengan Cahaya kacamata hitam 802x451

Cahaya matahari yang terang bisa memicu gejala mata kering dan sensitif kambuh. Kamu bisa menggunakan kacamata hitam khusus yang dapat menghalangi cahaya masuk ke mata. Selain itu, menggunakan topi juga dapat membantu mengurangi paparan cahaya pada mata Kamu.

Akan tetapi, penggunaan kacamata tersebut hanya dianjurkan pada saat Kamu berada di luar rumah. Menggunakan kacamata hitam khusus di dalam ruangan tidak akan melindungi mata Kamu, malah meningkatkan kepekaan mata pada cahaya.

Jadi, hindari penggunaan kacamata di dalam ruangan. Selain itu, hindari juga meredupkan cahaya sampai membuat ruangan jadi gelap. Ada baiknya, atur pencahayaan sesuai dengan kenyamanan Kamu dan tingkatkan pencahayaannya secara bertahap. Dengan begitu, mata akan jadi terbiasa dan gejalanya akan semakin membaik.

3. Jaga suasana hati Kamu

penyebab bad mood 4 Kiat Mampu Mengatasi Mata Kering Sekaligus Sensitif Dengan Cahaya 4 Kiat Mampu Mengatasi Mata Kering Sekaligus Sensitif Dengan Cahaya shutterstock 374504413 661x467

Fotofobia telah dikaitkan dengan berbagai gangguan suasana hari bahkan stres. Jika tidak mau gejala fotofobia muncul dan memperparah kondisi mata Kamu yang kering, maka jaga suasana hati Kamu tetap baik.

Ada banyak hal yang dapat Kamu lakukan {untuk} meningkatkan suasana hati dan mengurangi stres, seperti olahraga, mendengarkan musik yang riang, menonton film komedi, atau membaca {{buku}} yang lucu.

4. Suntik botulinium toxon A (botox)

penyebab sirosis hati 4 Kiat Mampu Mengatasi Mata Kering Sekaligus Sensitif Dengan Cahaya 4 Kiat Mampu Mengatasi Mata Kering Sekaligus Sensitif Dengan Cahaya sirosis hati 700x467

Dikutip dari American Academic of Opthalmology, sebuah studi yang dilakukan Fakultas Kedokteran University of Miami melakukan pencobaan coba penggunaan botox pada pasien yang mempunyai mata kering dan fotofobia. Hasilnya, menunjukkan sesungguhnya lebih dari sepertiga pasien mengalami gejala yang lebih ringan selama pengobatan.

Meski sudah menunjukkan hasil yang cukup efektif, suntik botox belum diresmikan sebagai pengobatan yang tepat. Akan tetapi, dengan terdapat kajia penelitian ini, kemungkinan pengobatan {untuk} mengatasi mata kering dan sensitif akan semakin berkembang.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

ADBLOCK DETECTED