Kecantikan

4 Khasiat Penting Niacinamide dan Efek Sampingnya Bagi Kulit Wajah

Sebelum membeli produk kecantikan, sebuah hal yang harus Kamu lakukan adalah membaca kandungan bahannya. Ya, dari sinilah Kamu bisa tahu apakah skin care tersebut benar-benar sesuai dengan kebutuhan Kamu atau tidak. Sebuah kandungan yang paling banyak dicari para remaja wanita adalah niacinamide (niacinamida) atau niasin. Memangnya, apa saja kegunaan niacinamide dan adakah efek sampingnya?

Kegunaan niacinamide {untuk} kulit wajah

perawatan wajah ala korea  4 Khasiat Penting Niacinamide dan Efek Sampingnya Bagi Kulit Wajah perawatan wajah ala korea 699x467

Niacinamide alias niacinamida adalah sebuah bentuk vitamin B3. Jenis vitamin B3 ini juga lebih sering dikenal dengan sebutan niasin.

Niacinamida atau niasin kini sangat mudah didapati pada berbagai jenis skin care. Pasalnya, ada banyak kegunaan niacinamide yang dinilai mampu mempercantik kulit, di antaranya:

1. Melembapkan kulit

Dikutip dari Healthline, kegunaan niacinamide yang paling kentara adalah efeknya dalam melembapkan dan menghaluskan kulit. Pada saat dioleskan pada kulit, produk kecantikan yang berisikan niacinamida ini bisa membantu mengurangi peradangan pada kulit.

2. Mengatasi jerawat

Kegunaan niacinamide ini juga dapat diraih oleh Kamu yang punya masalah jerawat. Pasalnya, jenis vitamin B3 ini mampu membantu mengatasi jerawat, eksim, dan rosacea. Rosacea itu sendiri adalah penyakit kulit {{umum}} yang mengakibatkan wajah dan hidung jadi kemerahan.

3. Menyamarkan noda hitam

Sebuah penelitian menunjukkan sesungguhnya kandungan 5 persen niacinamida dapat membantu mencerahkan kulit. Ini akibat niacinamida merangsang produksi kolagen kulit yang pada akhirnya noda hitam bekas jerawat jadi tersamarkan.

Akan tetapi ingat, hasilnya tidak instan, ya. Kegunaan niacinamide ini biasanya akan terlihat setelah Kamu rutin menggunakan produknya minimal 4 ahad.

4. Menangkal kanker kulit melanoma

Niacinamida yang berbentuk suplemen terbukti dapat mempercepat perbaikan DNA kulit yang rusak akibat paparan sinar UV. Atas dasar itulah, para pakar kesehatan berhasil membuktikan sesungguhnya niacinamida mampu menangkal kanker kulit melanoma.

Hati-hati efek samping niacinamida

jenis kulit wajah  4 Khasiat Penting Niacinamide dan Efek Sampingnya Bagi Kulit Wajah jenis kulit wajah 700x467

Kini Kamu tak perlu ragu lagi dengan segudang kegunaan niacinamide bagi kesehatan kulit wajah. Meski begitu, ada beberapa efek samping niacinamida yang tetap perlu Kamu perhatikan.

Pada dasarnya, produk kecantikan yang berisikan niacinamida itu aman digunakan. Namun bagi Kamu yang punya kulit sensitif atau alergi, hati-hati dengan reaksi alergi yang mungkin terjadi.

Sebelum mengoleskannya ke wajah, coba lakukan tes alergi diawal. Caranya, oleskan sedikit produk niacinamida ke lengan dan {{tunggu}} selama 24 jam.

Bila kulit mulai berasa gatal, bengkak, atau kemerahan, segera hentikan penggunaannya. Jika dirasa aman, Kamu boleh melanjutkan penggunaannya.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close