fbpx
Tips Kesehatan

4 Gerakan Peregangan yang Bisa Dicoba Supaya Tidur Lebih Nyenyak

Ada banyak cara yang dapat dilakukan supaya tidur lebih nyenyak, salah satunya melakukan peregangan. Melakukan berbagai peregangan sebelum tidur membantu memusatkan perhatian pada napas dan {{tubuh}}. Selain itu, aktivitas ini juga membantu meredakan ketegangan otot dan menangkal kram yang dapat mengganggu kualitas tidur Kamu.

Advertisement

Berbagai gerakan peregangan sebelum tidur

Sebelum tidur, ada baiknya mencoba berbagai gerakan peregangan sederhana ini, di antaranya:

Advertisement

1. Bear hug

bear hug 4 gerakan peregangan yang bisa dicoba supaya tidur lebih nyenyak 4 Gerakan Peregangan yang Bisa Dicoba Supaya Tidur Lebih Nyenyak bear hug 802x450
Sumber: Healthline

Bear hug adalah gerakan seperti memeluk yang berfungsi {untuk} meringankan pegal atau sakit pada daerah bahu dan punggung atas. Kamu bisa melakukan gerakan yang satu ini dengan cara:

  1. Berdiri tegak dan tarik napas sambil membuka kedua lengan lebar-lebar.
  2. Buang napas perlahan sambil menyilangkan tangan dengan gerakan seperti memeluk diri sendiri.
  3. Tarik napas dalam-dalam saat Kamu memeluk diri dan menarik bahu ke depan.
  4. Tahan posisi ini selama 30 detik.
  5. Tarik napas kembali sambil membuka kembali lengan dengan lebar seperti semula.

2. Paschimottanasana

Paschimottanasana 4 gerakan peregangan yang bisa dicoba supaya tidur lebih nyenyak 4 Gerakan Peregangan yang Bisa Dicoba Supaya Tidur Lebih Nyenyak Paschimottanasana 701x467

Peregangan yang satu ini diambil dari gerakan yoga. Selain membantu Kamu {untuk} fokus dan rileks, gerakan ini membantu meregangkan otot daerah paha dan betis. Lakukan gerakan ini dengan cara:

  1. {{Duduk}} di lantai atau kasur dengan posisi kaki lurus ke depan dan menempel.
  2. Condongkan badan secara perlahan ke depan dengan tangan yang berusaha memegang jari-jari kaki.
  3. Tahan gerakan ini selama 15 detik sebelum kembali ke posisi semula.

3. Child pose

4 gerakan peregangan yang bisa dicoba supaya tidur lebih nyenyak 4 Gerakan Peregangan yang Bisa Dicoba Supaya Tidur Lebih Nyenyak child pose peregangan sebelum tidur 1

Gerakan ini membantu Kamu mengatur tarikan napas, melemaskan {{tubuh}}, dan mengurangi stres setelah seharian bekerja. Tidak cumna itu, gerakan child pose juga membantu menghilangkan rasa sakit dan tegang di punggung, bahu, dan leher. Lakukan gerakan ini dengan cara:

  1. Duduklah dengan posisi kaki terlipat ke belakang.
  2. Rentangkan tangan lurus ke depan, lalu perlahan condongkan {{tubuh}} ke lantai sampai menyentuhnya.
  3. Tarik napas dalam-dalam dan lepaskan secara perlahan.
  4. Tahan pose ini selama kurang lebih 5 menit.
  5. Gunakan bantal di bawah paha atau dahi jika Kamu merasa tidak nyaman.

4. Viparita karani

viparita kirani 4 gerakan peregangan yang bisa dicoba supaya tidur lebih nyenyak 4 Gerakan Peregangan yang Bisa Dicoba Supaya Tidur Lebih Nyenyak viparita kirani 700x467
Sumber: Seattle Yoga News

Gerakan peregangan ini membantu mengurangi peradangan menyakitkan yang terdapat pada {{tubuh}} dan tentu membuat Kamu jauh lebih rileks. Target gerakan ini adalah  pada otot glutes (bokong) dan otot hamstring (paha). Lakukan gerakan ini dengan cara:

  1. Berbaringlah telentang menghadap dinding.
  2. Dekatkan bokong sedekat mungkin ke dinding.
  3. Angkat kedua kaki dengan lurus dan sandarkan pada dinding.
  4. Biarkan kedua tangan lurus dan terbuka di masing-masing sisi dengan telapak tangan menghadap ke atas.
  5. Tahan gerakan ini selama kurang lebih 15 detik.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

ADBLOCK DETECTED