Tips Kesehatan

4 Cara Mengontrol Berat Badan Selama Rutin Pakai Insulin

{{Tubuh}} orang dengan diabetes kekurangan insulin yang menyebabkan kadar gula darah mereka selalu tinggi. Itu kenapa beberapa pengidap diabetes membutuhkan bantuan suntikan insulin guna menjaga gula darah mereka tetap stabil. Akan tetapi demikian, banyak diabetesi merasa ragu {untuk} rutin menjalani terapi insulin dikarenakan efek sampingnya yang dapat menaikkan berat badan. Kamu salah satunya? Jangan khawatir, berikut adalah tips-tips menjaga berat badan buat diabetesi selama harus rutin suntik insulin.

Cara menjaga berat badan selama terapi insulin

Kenaikan berat badan adalah efek samping {{umum}} bagi diabetesi yang rutin suntik insulin. Hal ini cenderung terjadi akibat tambahan insulin tersebut membuat {{tubuh}} menyimpan kelebihan glukosa sebagai lemak. Akan tetapi, bukan berarti Kamu boleh memberhentikan pemakaian insulin hanya akibat takut gemuk. Ingat, manfaatnya akan selalu lebih besar daripada risiko yang mungkin muncul.

{Untuk} menangkal kenaikan berat badan berlebih, ada berbagai cara menjaga berat badan yang dapat Kamu lakukan supaya tetap ideal selama pakai insulin.

1. Konsultasi ke ahli gizi

Seorang ahli gizi dapat membantu diabetesi merancang rencana diet sehat {untuk} menjaga berat badan mereka sementara tetap memerhatikan pemilihan menu, asupan gizi dan kalori, serta pengaturan porsinya supaya tidak memperburuk kondisi yang ada.

Dokter ahli gizi akan mempertimbangkan rencana makan sehat yang sesuai dengan kondisi Kamu dengan lebih {{dulu}} melihat indeks massa tubuh (BMI), status kesehatan Kamu secara keseluruhan, dan kesulitan yang mungkin Kamu hadapi pada saat berdiet dan olahraga.

Jika konsultasi ke ahli gizi adalah rencana Kamu, baiknya konsultasikan {{dulu}} kepada tim dokter yang menangani diabetes Kamu supaya mereka dapat merujuk Kamu pada orang yang tepat supaya juga tidak mengganggu jalannya pengobatan utama.

2. Jaga gula darah tetap stabil

Perubahan kadar gula darah sangat bergantung dengan kenaikan berat badan. Maka dari itu Kamu harus menjaga kadar gula darah Kamu tetap stabil dan meningkatkan sensitivitas insulin supaya berat badan juga akan terjaga stabil.

Hal ini bisa Kamu raih dengan menjaga pola makan, mencukupi aktivitas fisik dan waktu tidur, serta menghindari stres.

3. Perhatikan pilihan dan porsi makanan

Cara mengontrol berat badan pasien diabetes yang menggunakan insulin adalah membakar lebih banyak kalori lebih banyak daripada yang dikonsumsi. Akan tetapi, tidak berarti pasien dibolehkan {untuk} melewatkan waktu makan.

Melewatkan makan bisa membuat nafsu makan jadi lebih besar Kamu makan lebih banyak. Hal ini mengakibatkan gula darah melonjak tiba-tiba. Jadi, jangan sampai Kamu melewatkan waktu makan jika punya diabetes

“Pada saat gula darah rendah, {{tubuh}} akan memberikan sinyal sesungguhnya Kamu lapar. Dalam situasi ini, pasien diabetes dapat mengatasinya dengan camilan yang berisikan 15 gram karbohidrat {untuk} meningkatkan kadar gula,” jelas Don McClain, MD, PhD, seorang dosen spesialis penyakit dalam, endokrinologi, dan metabolisme yang mengajar di Fakultas Kedokteran Traditional Science Institute, seperti dikutip dari laman Everyday Health.

Pilihan makanan juga harus diperhatikan. Hindari makanan yang berisikan banyak gula dan makanan olahan. Akan tetapi, perbanyak makan buah, sayur, kacang-kacangan, gandum, atau yogurt.

4. Memilih aktivitas fisik yang tepat

Cara terbaik {untuk} membakar kalori yang berlebih adalah dengan olahraga. Aktivitas fisik ini dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan menyehatkan jantung.

American Heart Association merekomendasikan setidaknya 150 menit olahraga ringan per ahad {untuk} orang dewasa. Itu artinya Kamu bisa melakukan olahraga ringan selama 30 menit sebanyak lima kali seminggu.

Pilihan olahraga yang aman untuk orang diabetes menjaga berat badan mereka antara lain, jogging, bersepeda, jalan santai, renang, atau mengikuti senam.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close