Tips Kesehatan

3 Trik untuk Hilangkan Rasa Panas di Tangan Setelah Mengolah Cabai

Membayangkan makan nasi panas dengan sambal pedas memang sangat menggugah selera. Akan tetapi, mungkin Kamu jadi malas jika membayangkan harus mengulek dan mengolah cabainya {{dulu}} menjadi sambal. Pasalnya, tangan Kamu akan berasa panas akibat cabai. Jangan cemas, atasi dengan trik berikut ini, ya.

Kenapa cabai bisa membuat tangan menjadi panas?

tangan mati rasa 3 trik untuk hilangkan rasa panas di tangan setelah mengolah cabai 3 Trik untuk Hilangkan Rasa Panas di Tangan Setelah Mengolah Cabai tangan mati rasa 700x467

Selain menimbulkan rasa panas diperut setelah memakannya, cabai sering kali menimbulkan efek yang serupa di tangan. Rasa panas pada tangan biasanya muncul setelah Kamu mengulek cabai atau memotong-motongnya. Mengapa bisa begitu?

Dilansir dari Huffington Post, ternyata cabai mengandung senyawa kimia yang disebut dengan capsaicin. Senyawa inilah yang menyebabkan tangan atau perut berasa panas dan terbakar. Capsaicin merangsang dan mengikat reseptor rasa sakit. Akibatnya, saat reseptor ini diaktifkan tak heran Kamu merasakan sensasi panas dan terbakar.

Meski menghasilkan sensasi panas dan terbakar, capsaicin tidak akan membuat Kamu mengalami kerusakan jaringan atau luka bakar. Ini akibat molekul pada capsaicin hanya berikatan saja dengan reseptor rasa sakit di sekitar tangan Kamu.

Berbagai cara mengatasi tangan panas akibat cabai

sabun cuci tangan antiseptik 3 trik untuk hilangkan rasa panas di tangan setelah mengolah cabai 3 Trik untuk Hilangkan Rasa Panas di Tangan Setelah Mengolah Cabai shutterstock 534008314 700x467

Sebenarnya, {untuk} menangkal sensasi panas di tangan akibat cabai gunakanlah sarung tangan saat memasak. Akan tetapi, pada saat hal ini dirasa merepotkan atau justru terlupakan Kamu bisa mengatasi tangan panas dengan pilihan cara sebagai berikut:

1. Cuci tangan dengan sabun pencuci piring

Saat rasa panas mulai menyerang, segera bilas tangan Kamu dengan sabun cuci piring. Gosok sabun cuci piring di seluruh bagian telapak tangan dan juga bawah {{kuku}}. Sabun cuci piring biasanya lebih mudah menghilangkan minyak pada cabai yang menempel di tangan daripada sabun pencuci tangan biasa. Lalu, bilas dengan air sampai bersih.

2. Menggosok tangan dengan minyak zaitun

Minyak zaitun tak hanya bagus sebagai sumber lemak baik {untuk} {{tubuh}} tetapi juga {untuk} menghilangkan capsaicin di tangan. Kamu hanya perlu menggosokkan minyak zaitun ke tangan {untuk} menghilangkan sisa minyak cabai yang masih menempel. {{Tunggu}} sampai satu sampai dua menit sebelum lalu Kamu bilas dengan air dan sabun pencuci piring.

3. Rendam tangan dalam produk susu

Berbagai produk susu bersifat asam yang pada akhirnya bisa membantu meringankan rasa panas di tangan akibat cabai. Protein susu yang disebut dengan kasein berfungsi sebagai deterjen alami yang dapat memecah capsaicin. Selain itu, berbagai produk susu juga mengandung lemak yang dapat membantu melarutkan capsaicin.

{Untuk} mengatasai tangan panas akibat cabai, coba rendam tangan Kamu dalam semangkuk susu. Diamkan selama beberapa saat  atau sampai rasa panas mulai mereda. Lalu, bilas dengan air bersih. Kamu juga dapat mencucinya dengan sabun pencuci piring jika tangan masih berasa sedikit panas.

Ingat, sebelum tangan bersih dari sisa-sisa minyak cabai yang menempel jangan menggosok mata, melepas lensa kontak, atau menyentuh alat kelamin. Ini akibat minyak dari capsaicin bisa dengan mudah menempel dan menyebarkan sensasi panas ke bagian-bagian tersebut.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close