Tips Kesehatan

3 Tips Menangkal Lenting Cacar Jadi Bekas Luka Permanen

Selain rasa gatal, masalah lainnya yang harus kita hadapi saat sakit cacar air adalah bekas luka di kulit. Ya, lentingan cacar air yang pecah bisa menimbulkan luka yang akan menebal atau bopeng. Bekas luka ini tentu mengurangi kecantikan kulit Kamu, bukan? Lalu adakah cara {untuk} menangkal bekas cacar menjadi luka yang merusak penmpilan kulit? Yuk, sontek beberapa tipsnya berikut ini.

Tips menangkal terbentuknya bekas cacar air di kulit

Cacar air (varicella) adalah infeksi virus yang mengakibatkan sekujur {{tubuh}} Kamu dipenuhi dengan lenting berisi air yang mirip jerawat atau gigitan serangga, biasanya muncul dalam 2 sampai 4 hari. Lalu, akan melepuh meninggalkan luka, mengering, dan membuat kulit keropeng.

Sebenarnya, ada banyak cara yang dapat Kamu lakukan {untuk} menghilangkan bekas cacar air. Akan tetapi, tidak semua cara yang mudah akan mampu. Pada beberapa kasus, Kamu perlu mengikuti prosedur kecantikan yang memakan biaya mahal. Jadi, tindakan pencegahan adalah cara terbaik {untuk} mengatasi masalah ini.

Ada beberapa tips pencegahan yang dapat Kamu lakukan supaya lenting cacar tidak meninggalkan bekas keropeng di kulit Kamu, di antaranya:

1. Jangan menggaruk lenting cacar air

Bukan hanya cacar air, semua penyakit yang menimbulkan kulit gatal sangat dilarang {untuk} digaruk. Mengapa? Menggaruk mungkin melegakan kulit yang gatal, akan tetapi ini hanya kamuflase saja. Sebenarnya, menggaruk bisa memperburuk kondisi kulit Kamu. Apalagi saat Kamu terkena cacar air. Kulit yang melenting ini sangat tipis. Sedikit saja gesekan dari {{kuku}} Kamu akan mengoyak kulit dan lenting bisa pecah.

Pada anak-anak yang masih sulit {untuk} menahan keinginan menggaruk, bisa Kamu pakaikan sarung tangan. Selain itu, ada beberapa cara {untuk} mengurangi rasa gatal saat cacar, antara lain:

  • Mengoleskan losion calamine. Losion ini mengandung zinc oxide yang menenangkan kulit dari rasa gatal. Gunakan jari tangan yang bersih atau cottonbud {untuk} mengoleskan lentingan. Akan tetapi, hindari penggunaan losion ini pada lenting cacar di sekitar mata.
  • Pakai losion aloe vera. Sensasi dingin dari losion ini bisa meringankan rasa gatal. Oleskan losion setelah Kamu mandi aau sebelum tidur {untuk} meringankan rasa gatal.
  • Minum obat pereda gatal. Selain obat yang dioleskan di kulit, ada juga obat minum pemberian dokter yang berfungsi {untuk} meringankan rasa gatal. Biasanya obat ini mengandung antihistamin dan membuat Kamu tidur lebih nyenyak.

2. Jaga kebersihan {{kuku}} dan {{tubuh}} Kamu

Supaya {{kuku}} Kamu tidak melukai lenting, pastikan {{kuku}} Kamu pendek dan pastikan tangan selalu bersih. Kamu mungkin sering mendengar jika mandi itu pantangan saat kena cacar air. Sebenarnya, pantangan tersebut adalah hal yang salah. Ingat, tidak mandi akan menumpuk keringat dan kotoran di kulit. Hal ini bisa meningkatkan rasa gatal di kulit Kamu. Jadi, Kamu tetap harus mandi meski kulit dipenuhi lenting.

Hanya saja Kamu perlu berhati-hati saat membersihkan kulit dengan sabun. Hindari gerakan menggosok kulit dengan sabun, lebih baik mengusapnya perlahan supaya lening tidak pecah. Bahkan, ada cara alami {untuk} meringankan rasa gatal, yaitu mandi dengan campuran air hangat dengan oatmeal koloid. Lalu, bilas dengan air bersih mengalir dan keringkan {{tubuh}} dengan handuk lembut.

3. Gunakan pakaian yang tepat

Lenting cacar air yang mudah pecah ini, bisa pecah akibat gesekan dan tekanan. Selain idak menggaruk, Kamu juga harus memperhatikan pilihan pakaian. Hindari menggunakan pakaian yang ketat, berbahan kasar, atau mengakibatkan Kamu berkeringat lebih banyak.

Lalu, pilih model pakaian yang berkancing yang pada akhirnya lebih mudah {untuk} dilepaskan. {Untuk} kondisi seperti ini, baju tidur biasanya merupakan pilihan aman {untuk} digunakan.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close