Tips Kesehatan

3 Tips Memilih Jam Beker yang Tepat untuk Alarm Bangun Tidur

Pukul berapa biasanya Kamu bangun tidur? Jika kondisi jalan mengharuskan Kamu berangkat lebih pagi, tentu Kamu harus bangun lebih awal dari biasanya. Sebuah cara mudahnya adalah dengan menyetel alarm jam beker. Nah, jenis jam seperti apa yang paling cocok {untuk} dijadikan alarm bangun tidur? Simak ulasannya berikut ini.

Tips memilih jam beker {untuk} alarm bangun tidur

Jika Kamu termasuk orang yang susah bangun pagi, memasang alarm pasti sangat membantu. Kamu bisa memasang alarm pada ponsel atau jam. Akan tetapi, menggunakan ponsel sebagai alarm bukan cara yang tepat. Kenapa?

Ponsel kerap kali membuat Kamu tidur lebih malam akibat cahayanya yang mengganggu. Selain itu, memegang ponsel juga menimbulkan rasa penasaran yang menyebabkan Kamu terus mengecek pesan masuk atau informasi lainnya. Oleh akibat itu, sebaiknya Kamu menghindari ponsel sebagai alarm bangun tidur.

Ada banyak jam beker yang dapat Kamu pilih. Jika Kamu bingung, ikuti beberapa tips memilih jam {untuk} alarm bangun tidur berikut ini.

1. Jangan terpaku pada desain saja

Jika Kamu mampir ke toko jam, pasti banyak desain jam yang menyebabkan Kamu tertarik. Akan tetapi, memilih jam bukan hanya dilihat dari tampilannya saja. Kamu perlu mempertimbangkan kualitas jam dan fungsinya.

2. Pilih jenis jam sesuai dengan kebutuhan Kamu

Pilihan jenis jam yang beragam, pasti membuat Kamu bingung. Oleh karena itu, Kamu perlu tahu bagaimana cara kerja dan fitur jam, seperti:

Jam digital

dampak stres bikin tidur tidak nyenyak 3 Tips Memilih Jam Beker yang Tepat untuk Alarm Bangun Tidur 3 Tips Memilih Jam Beker yang Tepat untuk Alarm Bangun Tidur akibat stres 700x467

Jam ini langsung menampilkan angka jam yang pada akhirnya terlihat lebih jelas. Kamu bisa mengatur volume deringnya sesuai keinginan.

Sayangnya, jam digital biasanya dilengkapi fitur cahaya biru yang serupa denga ponsel yang pada akhirnya bisa mengganggu Kamu di malam hari.

Jadi, hadapkan jam membelakangi Kamu supaya mata Kamu tidak terganggu dengan cahayanya.

Jam beker

tanda insomnia susah tidur malam sulit tidur 3 Tips Memilih Jam Beker yang Tepat untuk Alarm Bangun Tidur 3 Tips Memilih Jam Beker yang Tepat untuk Alarm Bangun Tidur Waspadai Penyakit dibalik Insomnia 802x442

Sebelum terdapat jam digital, jam beker sering dipakai {untuk} alarm. Jam ini mirip seperti jam dinding, akan tetapi memilii kaki yang pada akhirnya bisa diletakkan di atas meja.

Bunyi dari jam ini sangat khas dan tidak bisa diatur volumenya yang pada akhirnya dapat membangunkan Kamu dari tidur.

Sunrise alarm clock

3 Tips Memilih Jam Beker yang Tepat untuk Alarm Bangun Tidur 3 Tips Memilih Jam Beker yang Tepat untuk Alarm Bangun Tidur sunrisealarmclocks 2x1 6095 1024x400
Sumber: The Wire Cutter

Jam ini didesain {untuk} meniru pancaran cahaya matahari pada saat terbit. Jam ini sebenarnya tidak {{umum}} digunakan akibat suara yang ditimbulkan juga meniru suara alam. Pasalnya, kebanyakan orang cenderung lebih suka memilih alarm bangun tidur yang bunyinya kencang dan mengagetkan.

Jam ini lebih cocok digunakan oleh orang dengan masalah kejiwaan, seperti depresi atau seasonal affective disorder (SAD), yaitu depresi yang biasanya muncul di mucim gugur atau musim semi.

Bed-Shaking Alarm Clock

jenis jam  3 Tips Memilih Jam Beker yang Tepat untuk Alarm Bangun Tidur 3 Tips Memilih Jam Beker yang Tepat untuk Alarm Bangun Tidur 0019411 sonic bomb alarm clock and bed shaker black 764x467
Sumber: Independent UK

Jam ini dilengkapi sebuah perangkat tambahan yang ditempelkan pada kasur yang dapat menimbulkan getaran. Getaran yang muncul ini bisa membangunkan Kamu dari tidur.

Hanya saja tidak semua orang cocok menggunakan jam ini. Pasalnya, orang cenderung akan lebih mudah terbangun pada saat mendengar suara dibanding getaran. Jadi, jenis jam bed shaking alarm pasti akan lebih cocok digunakan pada orang yang mempunyai gangguan pendengaran.

White noise alarm clock

3 Tips Memilih Jam Beker yang Tepat untuk Alarm Bangun Tidur 3 Tips Memilih Jam Beker yang Tepat untuk Alarm Bangun Tidur 204050 z1 679x467
Sumber: Sharper Image

Jenis jam ini sebenarnya tidak cocok {untuk} dijadikan alarm {untuk} semua orang akibat menimbulkan bunyian. Akan tetapi pada orang dengan insomnia, bunyi seperti suara ombak, pasir yang bergesek, atau suara lainnya yang konstan yang muncul yang dapat jadi pengantar tidur. Bahkan bisa menutupi suara dengkuran pasangan yang mengganggu.

Supaya bangun, Kamu perlu mengaturnya lebih {{dulu}}. Matikan bunyian bising yang konstan 30 atau 40 menit sebelum waktu bangun Kamu. Lalu, pasangan alarm lain yang lebih cocok {untuk} membangunkan Kamu.

3. Pilih yang cahaya layarnya lembut

Beberapa jenis jam banyak didesain menampilkan cahaya merah, oranye, dan biru. Dari ketiga warna cahaya tersebut, cahaya merah atau oranye lebih baik {untuk} dipilih ketimbang cahaya biru. Mengapa?

Cahaya biru pada jam sama seperti warna tampilan ponsel atau layar komputer yang dapat mengganggu produksi hormon melatonin, yaitu hormon yang membantu Kamu {untuk} tidur.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close