Nurtisi Kita

3 Kegunaan Makan Telur Puyuh, Si Telur Imut yang Punya Segudang Nutrisi

Telur puyuh merupakan telur yang dihasilkan dari burung puyuh. Telur kecil ini bisa Kamu temukan sebagai isi sayur sup atau dijadikan sate pendamping bubur sarapan Kamu di pagi hari. Penasarankah Kamu apa saja kegunaan dan kandungan gizi telur puyuh?

Apa saja kandungan gizi telur puyuh?

1. Tinggi protein

Sama seperti telur ayam, telur puyuh tinggi protein. Satu porsi telur puyuh (isi 5 butir) mengandung 6 gram protein yang ternyata sama banyak dengan satu butir telur ayam.

Protein diperlukan {{tubuh}} {untuk} dijadikan sumber energi, menjaga stamina, memelihara kesehatan kulit dan rambut, serta membangun dan menguatkan massa otot.

2. Kaya vitamin A dan kolin

Telur mini yang dihasilkan burung puyuh ini juga kaya akan vitamin A dan kolin. Setiap porsi telur puyuh menawarkan 119 miligram kolin dan 244 IU vitamin A. Artinya, seporsi telur puyuh (setara 5 butir) mampu menyajikan sekitar 22-28% kebutuhan kolin harian dan 8-10% asupan vitamin A Kamu dalam sehari.

Kedua nutrisi ini bekerja sama menjaga kerja sistem imun {{tubuh}} {untuk} menangkal risiko penyakit dan infeksi, khususnya menangkal perkembangan penyakit jantung. Vitamin A dan kolin juga berfungsi memelihara fungsi sistem saraf dan indra penglihatan Kamu.

3. Tinggi selenium dan zat besi

Telur burung puyuh mengandung lebih banyak selenium (26%) dan zat besi (9%) daripada telur ayam.

Selenium bermanfaat {untuk} memelihara fungsi kognitif otak, meningkatkan metabolisme hormon tiroid, dan memperbaiki kerusakan DNA. Sedangkan zat besi berfungsi memproduksi sel darah merah sehat {untuk} menangkal anemia. Zat besi mungkin berpotensi memberikan perlindungan pada penyakit jantung.

Kombinasi zat besi dan selenium dibutuhkan {{tubuh}} {untuk} memetabolisme otot serta memelihara kesehatan pembuluh darah.

Hati-hati, telur puyuh tinggi kolesterol

Dengan segudang nutrisi yang dimilikinya, telur puyuh ternyata termasuk makanan rendah kalori yaitu hanya sekitar 71 kcal (4% dari kebutuhan {{tubuh}}). Akan tetapi demikian, jangan sampai terlena kebanyakan makan telur mini ini.

Seporsi telur puyuh mengandung 380 mg kolesterol, yang hampir dua kali lebih banyak dari batas maksimal kolesterol harian menurut American Heart Association.

Seporsi telur burung puyuh juga mengandung 1,6 gram lemak jenuh yang bisa meningkatkan kolesterol Kamu. Maka dari itu, jangan makan berlebihan.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close