Tips Kesehatan

3 Khasiat Minyak Bunga Mawar untuk Kesehatan

Siapa tidak kenal dengan bunga mawar? Selain menjadi simbol cinta abadi, bunga yang punya nama latin rosa damascena ini sering juga diekstrak menjadi minyak esensial {untuk} menyembuhkan masalah kesehatan tertentu akibat sifat penyembuhnya. Apa saja kegunaan minyak mawar {untuk} kesehatan?

Segudang kegunaan minyak mawar {untuk} kesehatan

1. Meredakan stres

Pereda stres adalah sebuah kegunaan minyak mawar yg tidak boleh disepelekan.

Sebuah kajia penelitian tahun 2009 menyimpulkan sesungguhnya penggunaan minyak mawar sebagai aromaterapi terbukti dapat menurunkan stres dan memunculkan sensasi rileks serta ketenangan yang lebih cepat dibanding jenis aromaterapi lainnya.

Menghirup aroma minyak mawar juga dilaporkan membantu mengatur pernapasan dan tekanan darah lebih stabil dibanding dengan orang yang diuji menggunakan plasebo atau obat kosong. 

2. Membuat tidur jadi lebih nyenyak

Sebuah kajia penelitian kecil yang diterbitkan dalam jurnal Complementary Therapies in Clinical Practice tahun 201 menunjukkan minyak mawar berpotensi membantu Kamu tidur lebih nyenyak.

Laporan ini disimpulkan setelah meminta 60 orang secara rutin menghirup uap minyak aromaterapi mawar selama 3 malam berturut-turut. Hasilnya, mereka mempunyai kualitas tidur yang membaik.

3. Meredakan nyeri PMS

Pada saat dicampur dengan minyak lavender, kayu manis, dan minyak cengkeh, minyak bunga mawar dapat dipakai {untuk} memijat perut wanita yang mengalami PMS.

Dalam sebuah kajia penelitian yang diterbitkan dalam Complementary Based Complementary and Alternative Medicine pada tahun 2013, para ilmuwan menemukan sesungguhnya wanita yang rutin memijat perut dengan campuran minyak mawar sekali sehari selama tujuh hari sebelum hari menstruasinya mengalami nyeri PMS yang lebih ringan (baik intensitas maupun durasinya) dibanding dengan wanita yang pijat menggunakan minyak lainnya.

Perhatikan ini sebelum pakai minyak mawar

Kegunaan minyak mawar {untuk} kesehatan memang menggiurkan. Akan tetapi, Kamu harus berhati-hati saat menggunakannya. Jangan menggunakan minyak mawar dengan dioleskan langsung pada kulit. Minyak mawar juga tidak boleh diteteskan ke mata atau hidung.

Umumnya minyak mawar digunakan dengan mengencerkannya dengan minyak pelarut atsiri, seperti minyak zaitun atau minyak kelapa. Ini bertujuan {untuk} mengurangi risiko efek samping alergi yang mungkin terjadi.

Cara lain {untuk} memakai minyak mawar adalah dengan menghirupnya. Kamu bisa teteskan sedikit minyak mawar ke dalam sebuah baskom berisi air hangat dan hirup uap airnya, atau gunakan mesin diffuser {untuk} mengubah minyak menjadi uap yang tersebar ke seluruh ruangan.

Sebaiknya sebelum pakai minyak mawar Kamu tes {{dulu}} dengan mengolesk sedikit minyak ke kulit di belakang telinga atau punggung tangan. {{Tunggu}} dalam 24 jam setelahnya dan lihat apakah ada reaksi alergi yang muncul. Contohnya kulit jadi gatal-gatal dan kemerahan atau bahkan iritasi. Bila muncul iritasi atau gatal, sebaiknya jangan gunakan minyak mawar.

Wanita hamil dan menyusui dan anak-anak harus berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan minyak mawar atau minyak apapun.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close