fbpx
Tips Kesehatan

3 Kelompok Orang yang Boleh Mencoba Diet Puasa

Diet puasa atau intermittent fasting adalah sebuah metode diet yang sering diandalkan {untuk} menurunkan berat badan. Sama seperti namanya, diet ini dilakukan dengan cara menahan makan alias berpuasa selama beberapa waktu, tapi Kamu masih boleh minum. Jenis diet yang satu ini ternyata tidak boleh dilakukan oleh sembarangan orang! Lalu, siapa saja yang boleh melakukan diet puasa? Simak ulasannya berikut ini.

Advertisement

Tipe orang yang boleh melakukan diet puasa

Sebenarnya, diet itu artinya mengatur pola makan sesuai dengan kebutuhan. Jadi, apapun diet yang Kamu lakukan pastikan memang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi {{tubuh}} Kamu.

Advertisement

Nah, sama seperti diet-diet lainnya, diet puasa mengharuskan Kamu {untuk} mengatur jadwal makan dan jadwal puasa sekaligus. Akibat itulah, jadwal puasa dalam diet ini justru bisa berisiko atau bahkan membahayakan sebagian orang, contohnya bagi Kamu yang punya penyakit tertentu.

Berikut ini tipe-tipe orang yang diperbolehkan melakukan diet puasa, meskipun memang mesti harus di bawah pengawasan ahli gizi atau dokter gizi, ya.

1. Punya berat badan berlebih

diet slimfast 3 Kelompok Orang yang Boleh Mencoba Diet Puasa 3 Kelompok Orang yang Boleh Mencoba Diet Puasa Diet Slimfast Ampuh Untuk Menurunkan Berat Badan Benarkah 700x467

Orang dengan berat badan berlebih sangat dianjurkan {untuk} menjalani program diet dengan puasa. Pasalnya, jenis diet ini akan membuat Kamu makan lebih sedikit, yang pada akhirnya asupan kalori yang masuk ke {{tubuh}} jadi lebih mudah dikendalikan.

Diet puasa dapat membantu meningkatkan produksi hormon norepinefrin, yaitu hormon yang berperan {untuk} membakar lemak. Semakin banyak lemak yang dibakar, maka metabolisme Kamu akan meningkat.

Bahkan, sebuah kajia penelitian dari jurnal Translational Research tahun 2014 menunjukkan sesungguhnya diet puasa dapat menurunkan berat badan sampai 3-8 persen selama 3-24 ahad.

2. Sering makan terlalu cepat dan banyak

apa itu orthorexia obsesi makanan sehat makan sebelum lapar 3 Kelompok Orang yang Boleh Mencoba Diet Puasa 3 Kelompok Orang yang Boleh Mencoba Diet Puasa apa itu orthorexia obsesi makanan sehat 689x467

Bagi Kamu yang terbiasa makan terlalu cepat dan dalam porsi banyak, coba kendalikan pola makan Kamu melewati intermittent fasting. Diet jenis ini bisa membantu Kamu menahan kebiasaan kalap makan!

Secara perlahan, {{tubuh}} akan belajar menghambat pelepasan hormon ghrelin alias hormon lapar sedikit demi sedikit. Yang ada, Kamu akan terbiasa makan pelan-pelan dan mengontrol porsi makan dengan sendirinya.

3. Punya masalah prediabetes

mengetahui tanda-tanda prediabetes yang harus diwaspadai 3 Kelompok Orang yang Boleh Mencoba Diet Puasa 3 Kelompok Orang yang Boleh Mencoba Diet Puasa mengetahui tanda tanda prediabetes yang harus diwaspadai 700x467

Kamu tidak terkena diabetes tapi kadar gula darah Kamu sudah tinggi? Yuk, coba diet ini {untuk} menurunkan gula darah!

Robin Foroutan, MS, RDN, seorang juru bicara dari Academy of Nutrition and Dietetics, menyebutkan kepada Prevention sesungguhnya diet puasa bisa membantu memancing sel-sel {{tubuh}} supaya lebih peka pada insulin. Jeda waktu antara puasa dan makan akan membuat {{tubuh}} Kamu lebih langka memompa insulin, yang pada akhirnya gula darah jadi lebih mudah dikendalikan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

ADBLOCK DETECTED