fbpx
Tips Kesehatan

3 Gerakan untuk Mengatasi Sakit Leher Akibat Cedera Hernia Tulang Belakang

Ada banyak hal yang dapat mengakibatkan bahu atau leher Kamu berasa sakit. Selain akibat kebiasaan mengangkat barang berat, cedera hernia tulang belakang (hernia diskus) mungkin menjadi penyebab leher sakit yang Kamu alami. Sebelum pergi ke dokter, sebenarnar Kamu bisa mencoba mengatasi sakit leher sendiri! Kuncinya adalah dengan melakukan gerakan peregangan yang tepat. Seperti apa gerakannya? Yuk, intip lewat review berikut ini.

Advertisement

Hernia diskus itu apa, sih?

Apabila leher atau bahu Kamu berasa sakit saat membungkuk, mengangkat barang, atau sekadar memutar kepala ke kanan atau kiri, kemungkinan Kamu mengalami hernia diskus.

Advertisement

Hernia diskus disebut juga dengan cedera hernia tulang belakang. Jenis cedera ini terjadi pada saat diskus atau cakram tulang belakang mengalami kebocoran dan menyembul keluar di leher atau menekan saraf bahu.

Hernia diskus dapat terjadi di sepanjang tulang belakang, dari leher sampai ke punggung bagian bawah. Jika diskus yang bocor terjadi di area sekitar leher, maka biasanya Kamu akan mengalami sakit leher yang menjalar ke bahu, lengan, dan tangan.

Peregangan {untuk} mengatasi sakit leher akibat hernia diskus

{Untuk} mengatasi sakit leher akibat cedera hernia tulang belakang, kebanyakan dokter akan meresepkan obat pereda nyeri, istirahat, atau terapi. Di samping itu, sebenarnya Kamu pun bisa meredakannya sendiri di rumah!

Dikutip dari Healthline, nyeri leher akibat hernia diskus dapat diatasi dengan olahraga maupun sekadar melakukan peregangan. Akan tetapi ingat, lakukan secara hati-hati dan cepatlah berhenti kalau leher Kamu justru semakin berasa sakit.

Berikut ini gerakan peregangan yang bisa membantu mengatasi sakit leher akibat cedera hernia tulang belakang.

1. Memiringkan kepala

3 Gerakan untuk Mengatasi Sakit Leher Akibat Cedera Hernia Tulang Belakang 3 Gerakan untuk Mengatasi Sakit Leher Akibat Cedera Hernia Tulang Belakang AshamedTheseHog mobile
Sumber: Healthline

Gerakan ini bisa membantu menghilangkan rasa sakit dan ketegangan di leher, bahu, dan punggung bagian atas. Berikut caranya:

  1. Duduklah dengan nyaman.
  2. Miringkan kepala ke bahu kanan, tahan selama 30 detik. Istirahat.
  3. Lakukan hal yang serupa ke arah kiri,
  4. Ulangi 3-5 kali setiap hari {untuk} mengatasi sakit leher secara perlahan.

2. Menundukkan kepala ke samping

3 Gerakan untuk Mengatasi Sakit Leher Akibat Cedera Hernia Tulang Belakang 3 Gerakan untuk Mengatasi Sakit Leher Akibat Cedera Hernia Tulang Belakang ck brighton shoot 41 1100x785
Sumber Dr. Mojo

Caranya:

  1. Berdiri atau duduklah di kursi dan biarkan bahu Kamu tetap rileks.
  2. Pegang bagian belakang kepala dengan satu tangan, setelah itu dorong pelan ke arah ketiak seperti pada gambar.
  3. Tahan selama 30 detik, setelah itu istirahat.
  4. Ulangi 3-5 kali setiap hari supaya rasa nyerinya berkurang.

3. Tengok ke kanan dan kiri

3 Gerakan untuk Mengatasi Sakit Leher Akibat Cedera Hernia Tulang Belakang 3 Gerakan untuk Mengatasi Sakit Leher Akibat Cedera Hernia Tulang Belakang BestGleefulChimpanzee max 1mb
Sumber: Healhtline

Caranya:

  1. Duduklah di kursi dan posisikan bahu Kamu tetap rileks.
  2. Tengok ke arah kanan pelan-pelan. Lakukan sejauh yang Kamu bisa.
  3. Tahan selama 30 detik. Ingat, jangan paksakan diri kalau memang sudah berasa sakit.
  4. Tengok ke arah kiri pelan-pelan sejauh yang Kamu bisa.
  5. Lakukan sebanyak 3-5 kali setiap hari guna mengatasi sakit leher.

Olahraga ringan {untuk} meredakan nyeri leher

Selain dengan gerakan peregangan, Kamu dapat mengatasi sakit leher akibat hernia diskus dengan olahraga. Akan tetapi, tentu saja tidak semua olahraga boleh Kamu lakukan.

Hindari {{dulu}} aktivitas yang memperberat kerja otot leher, contohnya latihan angkat beban, lari, atau memindahkan barang berat. Alih-alih meringankan nyeri, olahraga yang dilakukan asal-asalan justru dapat memperparah rasa sakitnya.

Olahraga yang lebih ringan justru dapat meningkatkan aliran darah ke tulang belakang. Bahkan jika dilakukan dengan benar, olahraga dapat mempercepat proses pemulihan pada tulang leher Kamu.

Nah, berikut ini gerakan olahraga yang dapat Kamu coba di rumah {untuk} mengatasi sakit leher akibat hernia diskus.

1. Mengangkat kepala

3 Gerakan untuk Mengatasi Sakit Leher Akibat Cedera Hernia Tulang Belakang 3 Gerakan untuk Mengatasi Sakit Leher Akibat Cedera Hernia Tulang Belakang Fig10B
Sumber: Spine

Caranya:

  1. Tempelkan perut di atas gym ball, meja, atau pinggir tempat tidur. Posisikan tangan di samping dan kepala menggantung.
  2. Angkat kepala pelan-pelan dan tahan selama 5-10 detik. Ingat, segera hentikan kalau leher Kamu mulai berasa sakit.
  3. Lakukan 15-20 kali sesuai dengan kemampuan Kamu.

2. Menundukkan kepala sambil berbaring

3 Gerakan untuk Mengatasi Sakit Leher Akibat Cedera Hernia Tulang Belakang 3 Gerakan untuk Mengatasi Sakit Leher Akibat Cedera Hernia Tulang Belakang Fig3
Sumber: Spine

Caranya:

  1. Tidur telentang di atas matras atau kasur dengan posisi tangan di samping.
  2. Gerakkan kepala Kamu ke arah dada seperti sedang mengangguk, setelah itu tahan selama 5-10 detik.
  3. Lakukan 15-20 kali sampai leher Kamu berasa lebih nyaman.

3. Mengangkat lengan ke atas

3 Gerakan untuk Mengatasi Sakit Leher Akibat Cedera Hernia Tulang Belakang 3 Gerakan untuk Mengatasi Sakit Leher Akibat Cedera Hernia Tulang Belakang scapular retraction pull up e1435785328988
Sumber: Redefining Strength

Caranya:

  1. Berdiri dengan tegak dan posisikan kedua tangan di samping.
  2. Angkat kedua tangan Kamu sampai membentuk sudut 90 derajat.
  3. Dorong ke arah atas dan ke bawah secara perlahan.
  4. Lakukan 10 kali {untuk} membantu meredakan nyeri di bagian leher dan punggung.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

ADBLOCK DETECTED