Kebugaran Jasmani

3 Gerakan Sederhana yang Manjur Atasi Pergelangan Tangan Sakit (Carpal Tunnel Syndrome)

Bagi Kamu yang seharian kerjaannya {{duduk}} di depan laptop atau komputer, mungkin sering mengalami merasa sakit di pergelangan tangan. Kondisi ini biasanya terjadi akibat carpal tunnel syndrome (CTS). Memang, masalah ini sebenarnar dapat membaik sendiri tanpa pengobatan. Akan tetapi, daripada hanya {{duduk}} menunggu sampai hilang sendiri, mengapa tidak Kamu coba olahraga ringan {untuk} meredakan pergelangan tangan sakit akibat CTS? Psstt.. Intip gerakan olahraganya di bawah ini, ya!

Apakah olahraga mampu mengatasi pergelangan tangan sakit?

Selain pergelangan tangan sakit, gejala CTS juga meliputi pegal, sering kesemutan, sampai sensasi mati rasa yang biasanya menjalar sampai ke jari-jari. Lalu, apakah gejala tersebut bisa diatasi dengan gerakan olahraga?

Jawabannya iya! Meski tidak mudah dan berasa sakit, menggerakkan pergelangan tangan secara rutin sedikit banyak bisa membantu meredakan nyerinya.

Dengan melakukan gerakan olahraga ringan, hal ini bermanfaat {untuk}:

1. Meringankan gejala CTS yang ringan sampai sedang

Memang tidak mudah {untuk} menggerakkan pergelangan tangan sakit akibat CTS. Namun jika dikombinasikan dengan perawatan lain, seperti membebat pergelangan tangan atau suntik kortikosteroid, gerakan olahraga ini bisa membantu meringankan nyerinya.

Bahkan, John Diblasio, MPT, DPT, CSCS, seorang ahli terapi fisik dari Vermont, Amerika Serikat, menyebutkan sesungguhnya gerakan olahraga tertentu dapat mempercepat penyembuhan sekaligus menjauhkan Kamu dari operasi carpal tunnel syndrome.

2. Menangkal tumbuhnya jaringan parut

Bila Kamu baru saja menjalani operasi carpal tunnel syndrome, hal ini biasanya dapat memicu pertumbuhan jaringan parut pada bekas sayatan. Akan tetapi jangan khawatir, risikonya bisa ditekan dengan rutin olahraga tangan!

Latihan menggerakkan pergelangan tangan secara perlahan dapat membantu menyembuhkan trauma bekas operasi. Termasuk juga menangkal fraktur pada tulang pergelangan tangan.

Gerakan yang aman {untuk} carpal tunnel syndrome

Mengalami pergelangan tangan sakit akibat CTS memang menghambat aktivitas Kamu. Sebagai solusinya, cobalah {untuk} sedikit-sedikit rutin melakukan gerakan olahraga ini {untuk} meringankan nyerinya.

Gerakan ini sangat mudah dan bisa Kamu lakukan di mana saja. Entah saat sedang bekerja, menunggu antrean, atau sedang bersantai ria. Yuk, luangkan beberapa menit setiap hari {untuk} melakukan gerakan sederhana berikut ini.

1. Meregangkan jari-jari tangan

3 Gerakan Sederhana yang Manjur Atasi Pergelangan Tangan Sakit (Carpal Tunnel Syndrome) 648x364 3 Wrist Exercises to Prevent Carpal Tunnel EXERCISE 1
Sumber: Healthline

Pertama, satukan kedua telapak tangan seperti ingin bertepuk tangan di depan dada. Setelah itu, rentangkan jari jemari Kamu layaknya pegas (per) seperti ilustrasi di atas. Tempelkan jari-jari Kamu jangan sampai renggang atau terpisah.

Gerakan sederhana ini bisa membantu melenturkan fasia palmaris, saraf median, dan sendi-sendi pergelangan tangan yang meradang akibat CTS. Lakukan secara rutin supaya pergelangan tangan yang sakit bisa terus membaik.

2. Kibas-kibas telapak tangan

3 Gerakan Sederhana yang Manjur Atasi Pergelangan Tangan Sakit (Carpal Tunnel Syndrome) 648x364 3 Wrist Exercises to Prevent Carpal Tunnel EXERCISE 2
Sumber: Healthline

Kibas-kibas telapak tangan Kamu seolah sedang mengeringkan tangan. Lakukan gerakan peregangan ini sambil menarik dan membuang napas secara teratur.

Meski terlihat sederhana dan mudah dilakukan, jenis peregangan tangan ini punya banyak kegunaan. Tak hanya meringankan nyeri, gerakan olahraga ini dapat menangkal kekakuan otot fleksor dan saraf median saat beraktivitas. Yang ada, pergelangan tangan sakit jadi langka kambuh di lain waktu.

3. Lenturkan pergelangan tangan

3 Gerakan Sederhana yang Manjur Atasi Pergelangan Tangan Sakit (Carpal Tunnel Syndrome) 648x364 3 Wrist Exercises to Prevent Carpal Tunnel EXERCISE 3
Sumber: Healthline

Luruskan lengan Kamu yang berasa sakit ke depan dan lemaskan jari-jari Kamu. Setelah itu, gunakan tangan yang satunya {untuk} sedikit menekan punggung tangan ke arah bawah, seperti ilustrasi di atas.

Meski mungkin akan berasa sakit dan tidak nyaman, cobalah tahan posisi ini selama beberapa detik. Kalau sudah mulai terbiasa, tambah waktunya sedikit demi sedikit sampai maksimal 20 detik. Lakukan hal yang serupa pada tangan yang satunya.

Gerakan olahraga yang satu ini bisa membantu menjaga kelenturan pergelangan tangan Kamu. Apalagi kalau dilakukan secara rutin, setidaknya 3 kali {untuk} setiap tangan, rasa nyeri akibat carpal tunnel syndrom akan berkurang dan berangsur-angsur membaik.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close